Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » , » Arab Saudi Izinkan Bioskop Berdiri Maret Tahun Depan

Arab Saudi Izinkan Bioskop Berdiri Maret Tahun Depan

Written By Unknown on Selasa, 12 Desember 2017 | Desember 12, 2017

Bioskop pernah beroperasi di negara Bani Saud itu pada 1960-an dan 1970-an.

Salah satu adegan dalam film Wajda garapan sutradara Haifa al-Mansyur dari Arab Saudi. Film ini bercerita soal perjuangan seorang gadis cilik untuk membeli sepeda. (Foto: Tobias Kownatzki / Razor Film)

Arab Saudi kemarin mengumumkan pencabutan larangan berdirinya bioskop di negara Kabah itu, telah berlaku puluhan tahun.

Melalui keterangan tertulis, Kementerian Kebudayaan dan Informasi Saudi menyatakan bioskop bakal diizinkan beroperasi di negeri Dua Kota Suci tersebut paling cepat awal tahun, untuk pertama kali dalam 35 tahun.

Menteri Kebudayaan dan Informasi Awad bin Saleh al-Awad bilang Komisi Media Audio Visual telah memulai proses pemberian izin bagi pengusaha ingin membuka bioskop. "Kami memperkirakan bioskop pertama beroperasi Maret 2018," katanya.

Saat ini, satu-satunya bioskop umum adalah sebuah IMAX berlokasi di Khobar, terletak di Scitech, sebuah pusat sains dan teknologi.

Putera Mahkota Pangeran Muhammad bin Salman memang tengah melakukan sejumlah reformasi liberal di Saudi.

Bioskop pernah beroperasi di negara Bani Saud itu pada 1960-an dan 1970-an. Namun lantaran muncul Revolusi Islam di Iran pada 1979 dan pengepungan atas Masjid Al-Haram di Kota Makkah pada tahun itu pula, memaksa pemerintah Saudi menyetop banyak kegiatan kebudayaan dan memberikan kewenangan lebih kepada kaum ulama Wahabi.

(Middle-East-Eye/Al-Balad/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: