Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Doa Kumail, Kaum Syiah Berjaya di Madinah. Gara-gara Saudi Yahudi Doa Ini Akan Hilang (Baca: Terungkap! Sejarawan Yahudi Ini Mengakui Wahabi Adalah Bagian Dari Sekte Mereka (Yahudi). Simak Doanya!

Doa Kumail, Kaum Syiah Berjaya di Madinah. Gara-gara Saudi Yahudi Doa Ini Akan Hilang (Baca: Terungkap! Sejarawan Yahudi Ini Mengakui Wahabi Adalah Bagian Dari Sekte Mereka (Yahudi). Simak Doanya!

Written By Unknown on Kamis, 28 Desember 2017 | Desember 28, 2017


Malam Jum'at adalah malam yang istimewa, seperti juga hari Jum'at disebut sebagai Sayyidul Ayyam (kepala/inti hari-hari). Bila di Indonesia, masyarakat Muslim Sunni biasa menggunakannya untuk kegiatan keagamaan berjamaah (berkelompok), seperti jam'iyyah tahlil (kelompok membaca tahlil), Jam'iyyah Yaasin (kelompok membaca Yasiin) Jam'iyyah Sholawat (kelompok membaca Sholawat) dan lain-lain, maka Madinah memiliki sisi uniknya sendiri, terutama di Musim haji.

Masyarakat Muslim Sunni, baik di Indonesia maupun negara-negara lainnya, memang mengagungkan Malam Jum'at. Demikian pun orang-orang Syiah, mereka sangat mengagungkan Malam Jum'at, terutama karena mereka memiliki satu doa yang tidak diamalkan di komunitas Muslim Sunni, yakni doa Kumail.

Di Musim haji, malam Jum'at menjadi malam yang cukup Istimewa di Madinah, khususnya di kawasan Masjid Nabawi. Pada Malam ini, para jamaah haji, termasuk jamaah asal Indonesia, biasanya menggelar bermacam-macam doa secara berkelompok di pelataran Masjid Nabawi. Namun orang-orang Iran memiliki keistimewaan sendiri pada malam tersebut.

Pada malam Jum'at, seperti malam tadi, Kamis (2/12), jamaah Iran berbondong-bondong menuju pintu Makam Baqi'. Pria dan wanita dalam pakaian khasnya mendekati pintu Makam Baqi' dari berbagai penjuru. Namun bukan berarti mereka dapat berjalan dengan sekehendaknya, karena ternyata semua jalur menuju pintu Makam Baqi' telah diblokir oleh pihak keamanan dengan perlengkapan yang cukup menyeramkan untuk ukuran menjaga doa/ibadah.

Pasukan keamanan dengan pakaian loreng dan helm anti huru-hara serta pentungan berjajar memblokade seluruh jalan menuju pintu Makam Baqi'. Selain memasang blokade plastik dan membentangkan tali pembatas, mereka juga memasang muka sangar. Hanya orang-orang bertampang Iran yang diperbolehkan melewati blokade, itu pun tidak "gratis". Mereka harus menyerahkan barang bawaan mereka untuk diperiksa dengan X-ray selayaknya akan memasuki bandar udara atau hotel-hotel dengan tingkat kecurigaan tinggi.

"Tidak boleh, ini hanya untuk orang-orang Iran dan penganut Syiah saja," kata para penjaga kepada siapa pun yang dikenalinya dalam tampang atau pakaian tidak mirip dengan orang Iran.

"Pokoknya tidak boleh. Sudahlah cepat pergi atau kami akan bertindak kasar," kata salah seorang penjaga dengan memasang muka seram, ketika NU Online mencoba bertanya, mengapa tidak boleh Masuk.

Akibat blokade jalur menuju pintu Makam Baqi' ini, banyak sekali jamaah yang kebingungan, bukan hanya jamaah haji Indonesia, namun siapapun dapat kebingungan karena blokade ini. Mereka dilarang lewat, padahal hanya melalui jalan itu yang mereka tahu untuk mencapai pondokan.

"Lah saya lewat mana ya Mas, Itu Pondokan saya sudah kelihatan pojokannya," tanya seorang jamaah yang menjadi korban blokade polisi berseragam loreng ini, sambil menunjuk sudut bangunan sebuah hotel di samping Masjid Nabawi.

"Bapak lewat kembali ke arah Masjid Nabawi, kemudian berbelok kekiri menyusuri jalan itu. Maka Bapak akan sampai di ujung pondokan sebelanya," terangku sambil menunjuk ke seberang jalan yang ujungnya menjauhi pintu Makam Baqi'

Dan begitulah, masyarakat Muslim Syiah memiliki keistimewaan tersendiri di Masjid Nabawi. Mereka diperkenankan membaca doa Kumail dalam kelompok besar, hingga ribuan orang, bahkan mendapatkan pengamanan Istimewa. Padahal jamaah Indonesia selalu diusir jika mengadakan doa bersama, meskipun hanya terdiri dari puluhan orang saja.

Dalam terminologi Syiah, Doa Kumail adalah doa yang diajarkan oleh Imam Ali RA kepada sahabat Kumail. Kumayl bin Ziyad Nakha'i adalah sahabat pilihan Imam Ali AS. Ketika Imam Ali AS memerintah, (35-40H), Kumail dlantik menjadi wali kota Hait. Ia akhirnya menemui kesyahidannya pada tahun 83 hijrah dalam usia 90 tahun atas perintah Hajjaj bin Yusuf al-Tsaqafi. Kumayl dimakamkan di suatu tempat bernama Tsaubah, yang terletak di antara Najaf al-Asyraf dan Kufah, di Iraq.


Meski pemerintah Arab Saudi terkenal sebagai pemerintahan yang berhaluan keagamaan Wahabi dan sangat keras dalam memerangi Bid'ah, namu nyatanya tetap ada saat-saat mereka dibuat tidak berdaya. Dalam hal ini, Muslim Syiah Iran benar-benar membuat Arab Saudi mati kutu.

Setiap malam Jumat di Musim Haji, pemerintah Arab Saudi terpaksa mengerahkan ratusan aparat keamanan berseraagam loreng, dengan lengkap dengan helm anti huru-hara dan pentungan hanya untuk mengamankan jalannya prosesi peribadahan kaum Syiah ini.

Lebih dari itu, mereka bahkan harus merelakan pengeras suara Masjid Nabawi digunakan sebagai alat pengeras oleh orang-orang Syiah tersebut. Sehingga prosesi pembacaan doa khas Syiah ini terdengar hingga beberapa blok di luar Masjid Nabawi.

"Acara ini khusus hanya untuk orang-orang Syiah. Selain mereka dilarang Masuk. Tidak ada toleransi lagi," kata salah seorang komandan polisi yang memimpin blokade di salah satu jalur jalan yang menuju Makam Baqi'.

Menurut komandan yang tidak mau menyebutkan namanya ini, blokade ini berlangsung setiap malam Jum'at setelah Sholat Isya hingga kira-kira pukul sebelas malam. Blokade ini diberlakukan selama musim haji.

"Ya Syeikh, apa yang akan Anda lakukan di dalam?" tanyaku pada seseorang dengan Jubah kebesaran ulama Iran. Ia tampak berjalan di depan dengan diikuti oleh serombongan jamaah, tampaknya ia seorang pemimpin.

"Kita akan memanjatkan doa dan berziarah kepada Rasulullah dan Puterinya, Fatimah," jawabnya seraya menghentikan langkah dan mencoba mengajak bicara lebih panjang.

"Doa apakah yang akan Anda dan jamaah Anda panjatkan di sana?" tanyaku setelah ia berhenti dan diikuti kawan-kawannya di belakangnya.

"Doa Kumail, apakah Anda tahu? Kami akan berdoa dan memohon ampunan di sana. Apakah Anda mau ikut?," jawabnya sambil membalas bertanya.

"Ya saya tahu. Tetapi maaf, saya tidak bisa ikut," jawabku menolak tawarannya. Meski sebenarnya saya ingin ikut mendengarkan langsung dari tempat terdekat mereka berdoa, namun saya tidak yakin dapat melewati penjagaan dan blokade ketat aparat keamanan.

"Baiklah. Semoga Tuhan memberkati Anda," jawabnya sambil segera berlalu diikuti oleh jamaah di belakangnya. Sementara itu, suara lantunan doa terdengar lantang dari corong Speaker menara Masjid Nabawi. Dilihat dari suara dan nada lagunya, menjadi lebih mirip pengajian ibu-ibu Muslimat di kampung-kampung.

Sumber : Laporan langsung Syaifullah Amin dari Arab Saudi


Simak Doanya dibawah ini:

Doa Kumail


Selama ini orang menganggap bahwa Doa Kumail yg dibaca pada setiap malam Jum'at setelah membaca surat Yasin adalah doa milik Syiah.

Padahal faktanya doa ini adalah doa yg diajarkan oleh Imam Ali as kepada para sahabatnya dan dikenal sebagai Doa Al-Khidhir, dan salah satu sahabat Imam Ali as yg mengamalkan doa tersebut adalah Kumail bin Ziyad an-Nakhai yg berasal dr Yaman.

Dibawah ini adalah kronologis peristiwa Doa Al-Khidhir tersebut hingga bisa dikenal sebagai Doa Kumail.

Pada suatu waktu, Imam Ali as sedang duduk bersama sahabat2nya. Salah satu dr mereka bertanya tentang tafsir dr sebuah ayat dalam Al-Qur'an surat Ad-Dukhan ayat 4 yg berbunyi...

فيها يفرق كل امر حكيم

"Pada malam itu dijelaskan segala urusan yg penuh hikmah"

Imam Ali as berkata, "Ayat itu mengenai Nisfu Sya'ban. Demi Allah, orang harus memohon kepada Allah pada malam itu. Ia harus membaca doa Al-Khidhir, maka Allah pasti akan mengabulkannya."

Pertemuan itupun berakhir. Imam as pulang ke rumah beliau. Malam pun tiba, suasana kemudian menjadi gelap. Orang2 pun telah tidur. Namun Kumail belum tidur dan gelisah di dalam rumahnya. Dan kemudian Kumail bangkit dr tempat tidurnya, dan pergi ke rumah Imam Ali as dan ia mempunyai sebuah pertanyaan kepada beliau as.

Kumail mengetuk pintu rumah Imam Ali as, dan beliau as bertanya, "Kumail, apa yg membawamu kemari?"

Kumail berkata dengan sopan, "Wahai Amirul Mukminin, apakah itu doa Al-Khidhir?"

Imam Ali as dengan ramah berkata, "Kumail duduklah, aku akan membacakan doa untukmu dan bacalah pada setiap malam Jum'at."

Imam Ali as mulai membaca doa itu dan Kumail pun menulisnya. Sampai sekarang, ratusan juta kaum muslimin membaca doa itu dan mereka menyebutnya dengan Doa Kumail.

Kumail bin Ziyad An-Nakhai merupakan salah satu sahabat besar Imam Ali as yg sangat setia kepada Imam as, beliau berasal dr Yaman. Beliau bersama keluarganya tinggal di Kufah Irak selama masa kehalifahan Imam Ali as.

Beliau rela merelakan leher beliau dipenggal oleh Al-Hajjaj, Gubernur pada masa kerajaan zalim bani Umayyah pada masa Abdul Malik bin Marwan bin Hakam, yg sangat memusuhi keluarga Nabi dan dikenal dengan kekejamannya dengan banyak membunuh zuriyah Rasulullah saww dan memenjarakan orang2 yg mencintai Imam Ali as dan para Imam keturunannya serta zuriyah Rasulullah saww.

Kumail bin Ziyad dipenggal kepalanya oleh algojo Al-Hajjaj karena menolak dengan tegas perintah Al-Hajjaj untuk mengingkari Imam Ali as dan menolak berwilayah kepada Imam Ali as.

Pada setiap malam Jum'at, nama Kumail bin Ziyad disebutkan oleh ratusan juta kaum muslimin, dan nama Syuhada agung ini terus akan bersinar di hati kaum muslimin.
*****

Doa Kumail dikenal juga sebagai doa nabi Hidhir (as). Doa Kumail diajarkan oleh Imam Ali bin Abi Thalib (sa) kepada Kumail bin Ziyad salah seorang murid dan sahabat kepercayaannya. Doa Kumail sangat utama dibaca pada malam Jum’at, maknanya sangat menyentuh hati, telah banyak membuat kesadaran baru bagi spiritual pembacanya yang menjiwai maknanya.


اَللّهُمَّ اِنّي اَسْئَلُكَ بِرَحْمَتِكَ الَّتي وَسِعَتْ كُلَّ شَيءٍ

allohumma inni as’aluka birahmatikal lati wasi’at kulla syai’

Ya Allah, aku memohon demi rahmat-Mu yang mencakup segala sesuatu


وَ بِقُوَّتِكَ الَّتي قَهَرْتَ بِها كُلَّ شَيْءٍ

wa biquwwatikal lati qaharta biha kulla syai’

dan demi kekuatan-Mu yang menundukkan segalanya


وَ خَضَعَ لَها كُلُّ شَيْءٍ وَ ذَلَّ لَها كُلُّ شَيْءٍ

wa khodho’a laha kullu syai’ wa dzalla laha kullu syai’

dan segalanya tunduk serta hina di hadapannya (kekuatan-Mu)


وَ بِجَبَرُوتِكَ الَّتي غَلَبْتَ بِها كُلَّ شَيْءٍ

wa bijabarutikal lati ghalabta biha kulla syai’

dan demi jabarut-Mu yang mana Engkau memenangkan segala sesuatu


وَ بِعِزَّتِكَ الَّتي لا يَقُومُ لَها شَيْءٌ

wa bi’izzatikal lati la yaqumu laha syai’

dan demi kemuliaan-Mu yang mana tidak ada satupun yang bisa berdiri menandinginya


وَ بِعَظَمَتِكَ الَّتي مَلاَتْ كُلَّ شَيْءٍ

wa bi’adhomatikal lati mala’at kulla syai’

dan demi keagungan-Mu yang telah memenuhi segala sesuatu


وَ بِسُلْطانِكَ الَّذي عَلا كُلّ شَيْءٍ

wa bisulthanikal ladzi ‘ala kulla syai’

dan demi kekuasaan-Mu yang lebih tinggi dari segala sesuatu


وَ بِوَجْهِكَ الْباقي بَعْدَ فَناَءِ كُلِّ شَيْءٍ

wa biwajihkal baqi ba’da fana’i kulli syai’

dan demi wajah-Mu yang kekal setelah fananya segala sesuatu


وَ بِأَسْمائِكَ الَّتي مَلاَتْ اَرْكانَ كُلِّ شَيْءٍ

wa biasma’ikal lati mala’at arkana kulli syai’

dan demi nama-nama-Mu yang telah memenuhi rukun segala sesuatu (menjadi pondasi dan asas segala sesuatu)


وَ بِعِلْمِكَ الَّذي اَحاطَ بِكُل شَيْءٍ

wa bi’ilmikal ladzi ahatho bikulli syai’

dan demi ilmu-Mu yang meliputi segala sesuatu


وَ بِنُورِ وَجْهِكَ الَّذي اَضاَءَ لَهُ كُلُّ شيْءٍ

wa binuri wajhikal ladzi adho’a lahu kullu syai’

dan demi cahaya wajah-Mu yang karenanya segala sesuatu tersinari


يا نُورُ يا قُدُّوسُ

ya nuru ya quddus

wahai Cahaya, wahai Yang Maha Suci


يا اَوَّلَ الاْوَّلِينَ وَ يا آخِرَ الآ خِرينَ

ya awwalal awwalina wa ya akhirol akhirin

wahai dzat Yang Lebih Awal dari segala yang awal, dan Lebih Akhir dari segala yang akhir


اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِيَ الذُّنُوبَ الَّتي تَهْتِكُ الْعِصَمَ

allohummaghfir liyadz dzunubal lati tahtikul ‘ishom

ya Allah, ampunilah dosa-dosaku yang telah mengoyak tirai penjaga


اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِيَ الذُّنُوبَ الَّتي تُنْزِلُ النِّقَمَ

allohummaghfir liyadz dzunubal lati tunzilun niqom

ya Allah ampunilah dosa-dosaku yang telah menurunkan amarah-Mu


اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِيَ الذُّنُوبَ الَّتي تُغَيِّرُ النِّعَمَ

allohummaghfir liyadz dzunubal lati tughoyyirun ni’am

ya Allah, ampunilah dosa-dosaku yang telah merubah nikmat-nikmat


اَللّهُمَّ اغْفِرْ ليَ الذُّنُوبَ الَّتي تَحْبِسُ الدُّعاَءَ

allohummaghfir liyadz dzunubal lati tahbisud du’a’

ampunilah dosa-dosaku yang telah menghalangi naiknya doa (kepada-Mu)


اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِيَ الذُّنُوبَ الَّتي تُنْزِلُ الْبَلاَءَ

allohummaghfir liyadz dzunubal lati tunzilul bala’

ya Allah ampunilah dosa-dosaku yang telah menurunkan bencana


اَللّهُمَّ اغْفِرْلي كُلَّ ذَنْبٍ اَذْنَبْتُه

allohummaghfir li kulla dzanbin adznabtuh

ya Allah ampunilah segala dosa yang telah aku kerjakan


وَ كُلَّ خَطيئَةٍ اَخْطَاْتُها

wa kulla khothi’atin akhto’tuha

dan segala kesalahan yang telah kulakukan


اَللّهُمَّ اِنّي اَتَقَرَّبُ اِلَيْكَ بِذِكْرِكَ

allohumma inni ataqorrobu ilaika bidzikrik

ya Allah, sungguh aku mendekatkan diri pada-Mu dengan cara mengingat-Mu (berdzikir pada-Mu)


وَ اَسْتَشْفِعُ بِكَ اِلی نَفْسِكَ

wa astasyfi’u bika ila nafsik

dan aku meminta pertolongan (syafa’at) dari diri-Mu untuk meraih-Mu


وَ اَسْئَلُكَ بِجُودِكَ اَنْ تُدْنِيَني مِنْ قُرْبِكَ

wa as’aluka bijudika an tudniyani min qurbik

dan aku memohon kedermawanan-Mu agar mendekatkan diri ini pada-Mu


وَ اَنْ تُوزِعَني شُكْرَكَ وَ اَنْ تُلْهِمَني ذِكْرَكَ

wa an tuzi’ani syukroka wa an tulhimani dzikrok

lalu Kau karuniakan aku syukur, mengilhamkanku dzikir


اَللّهُمَّ اِنّي اَسْئَلُكَ سُؤالَ خاضِعٍ مُتَذَلِّلٍ خاشِعٍ

allohumma inni as’aluka su’ala khodhi’in mutadzallilin khosyi’

ya Allah, sungguh aku memohon pada-Mu dengan permohonan orang yang rendah, hina, khusyu’


اَنْ تُسامِحَني وَ تَرْحَمَني

an tusamihani wa tarhamani

agar Kau memaafkanku serta merahmatiku


وَ تَجْعَلَني بِقِسْمِكَ راضِياً قانِعاً

wa taj’alani biqismika rodhiyan qoni’a

dan menjadikanku ridha dan merasa cukup dengan pemberian-Mu


وَ في جَميعِ الاَحْوالِ مُتَواضِعاً

wa fi jami’il ahwali mutawadhi’a

juga jadikan aku senantiasa rendah hati dalam setiap keadaan


اَللّهُمَّ وَ اَسْئَلُكَ سُؤالَ مَنِ اشْتَدَّتْ فاقَتُهُ

allohumma wa as’aluka su’ala manisytaddat faqotuh

ya Tuhanku, aku meminta dari-Mu dengan permintaan orang yang begitu besar kebutuhannya


وَ اَنْزَلَ بِكَ عِنْدَ الشَّدآئِدِ حاجَتَهُ

wa anzala bika ‘indasy syada’idi hajatah

yang telah meluapkan segala kebutuhannya pada-Mu saat terdesak


وَ عَظُمَ فيما عِنْدَكَ رَغْبَتُهُ

wa ‘adhuma fima ‘indaka roghbatuh

yang juga besar harapannya terhadap apa yang ada di sisi-Mu


اَللّهُمَّ عَظُمَ سُلْطانُكَ وَ عَلا مَكانُكَ

allohumma ‘adhuma sulthonuka wa ‘ala makanuk

ya Allah, begitu agung kuasa-Mu dan tinggi tahta-Mu


وَ خَفِيَ مَكْرُكَ وَ ظَهَرَ اَمْرُكَ

wa khofiya makruka wa dhoharo amruk

sungguh samar makar-Mu, dan nampak perkara-Mu


وَ غَلَبَ قَهْرُكَ وَ جَرَتْ قُدْرَتُكَ

wa gholaba qohruka wa jarot qudrotuk

kekuatan-Mu selalu menang dan juga kodrat-Mu


وَ لا يُمْكِنُ الْفِرارُ مِنْ حُكُومَتِكَ

wa la yumkinul firoru min hukumatik

tak mungkin (ada yang bisa) lari dari kekuasaan-Mu


اَللّهُمَّ لا اَجِدُ لِذُنُوبي غافِراً

allohumma la ajidu lidzunubi ghofiro

ya Allah Tuhanku, aku tidak menemukan selain Engkau yang dapat memaafkan dosa-dosaku,


وَ لا لِقَبائِحي ساتِراً

wa la liqoba’ihi satiro

dan tidak pula yang dapat menutupi keburukan-keburukanku


وَ لا لِشَيْءٍ مِنْ عَمَلِيَ الْقَبيحِ بِالْحَسَنِ مُبَدِّلاً غَيْرَكَ

wa la lisyai’in min ‘amaliyal qobihi bil hasani mubaddilan ghoirok

juga tiada lagi selain-Mu yang bersedia membalas dengan kebaikan atas keburukan yang telah kulakukan


لا اِلهَ اِلاّ اَنْتَ سُبْحانَكَ وَ بِحَمْدِكَ

la ilaha illa anta subhanaka wa bihamdik

benar tiada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau dan segala puji bagi-Mu


ظَلَمْتُ نَفْسي

dholamtu nafsi

aku telah zalim pada diriku sendiri


وَ تَجَرَّأتُ بِجَهْلي

wa tajarro’tu bijahli

aku telah lancang karena kebodohanku


وَ سَكَنْتُ اِلی قَديمِ ذِكْرِكَ لي وَ مَنِّكَ عَلَيَّ

wa sakantu ila qodimi dzikrika li wa mannika alay

aku lalai dan merasa nyaman karena Engkau selalu mengingatku dan mengasihiku


اَللّهُمَّ و مَوْلايَ كَمْ مِنْ قَبيحٍ سَتَرْتَهُ

allohumma wa maulaya kam min qobihin satartah

ya Rabbi ya Tuhan, betapa banyak keburukanku yang telah Kau tutupi?


وَ كَمْ مِنْ فادِحٍ مِنَ الْبَلاَءِ اَقَلْتَهُ

wa kam min fadihin minal bala’i aqaltah

betapa banyak bala dan bencana yang telah Kau hindarkan dariku?


وَ كَمْ مِنْ عِثارٍ وَقَيْتَهُ

wa kam min ‘itsarin waqaitah

betapa sering Engkau mencegahku tergelincir?


وَ كَمْ مِنْ مَكْرُوهٍ دَفَعْتَهُ

wa kam min makruhin dafa’tah

betapa Engkau menjagaku dari keburukan?


وَ كَمْ مِنْ ثَناَءٍ جَميلٍ لَسْتُ اَهْلاً لَهُ نَشَرْتَهُ

wa kam min tsana’in jamilin lastu ahlan lahu nasyartah

betapa sering pula Engkau menebar pujian-pujian untukku yang padahal aku tidak pantas mendapatkannya?


اَللّهُمَّ عَظُمَ بَلاَئي وَ اَفْرَطَ بي سُوءُ حالي

allohumma ‘adzuma bala’i wa afrotho bi su’u hali

ya Allah, betapa besar balaku ini, keterlaluan sudah buruknya keadaan hamba-Mu


وَ قَصُرَتْ بي اَعْمالي وَ قَعَدَتْ بي اَغْلالي

wa qoshurot bi a’mali wa qo’adat bi aghlali

sedikit sekali amalku, keterikatanku pada dunia telah mengekangku di sini


وَ حَبَسَني عَنْ نَفْعي بُعْدُ اَمَلي

wa habasani ‘an naf’i bu’du amali

angan-angan panjangku telah menahanku dari apa-apa yang dapat menguntungkanku,


وَ خَدَعَتْنِي الدُّنْيا بِغُرُورِها

wa khodhoatni dunya bighururiha

dunia telah menipuku dengan tipuan-tipuannya!


وَ نَفْسي بِجِنايَتِها وَ مِطالي

wa nafsi bijinayatiha wa mitholi

dan diriku terlumuri dosa dan keburukannya, lalu tinggal cukup lama di dalamnya


يا سَيِّدي فَاَسْئَلُكَ بِعِزَّتِكَ اَنْ لا يَحْجُبَ عَنْكَ دُعاَئي

ya sayyidi fa as’aluka bi’izzatika an la hajuba ‘anka du’a’i

wahai Tuhanku, kini aku memohon pada-Mu demi kemuliaan-Mu jangan Kau biarkan doaku tertutupi (agar Engkau tidak berpaling dari doaku)


سُوءُ عَمَلي وَ فِعالي

su’u ‘amali wa fi’ali

dikarenakan buruknya amal perbuatanku


وَ لا تَفْضَحْني بِخَفِيِّ مَا اطَّلَعْتَ عَلَيْهِ مِنْ سِرّي

wa la tafdhohni bikhofiyyi mathola’ta ‘alaihi min sirri

jangan pula Kau buka aib yang telah kulakukan saat aku sendiri


وَلا تُعاجِلْني بِالْعُقُوبَةِ عَلي ما عَمِلْتُهُ في خَلَواتي

wa la tu’ajilni bil ‘uqubati ‘ala ma ‘amiltuhu fi kholawati

jangan terburu-buru menurunkan hukuman padaku atas apa yang telah kulakukan di saat sepi


مِنْ سُوءِ فِعْلي وَ اِساَئَتي وَ دَوامِ تَفْريطي وَ جَهالَتي

min su’i fi’li wa ‘isa’ati wa dawami tafrithi wa jahalati

termasuk perbuatan-perbuatan burukku, keterlaluanku dan kebodohanku


وَ كَثْرَةِ شَهَواتي وَ غَفْلَتي

wa katsroti syahwati wa ghoflati

tingginya syahwatku dan kelalaianku


وَ كُنِ اللّهُمَّ بِعِزَّتِكَ لي في كُلِّ الاَحْوالِ رَؤُفاً

wa kunillahumma bi’izzatika li fi kullil ahwali ro’ufa

selalu sayangi aku demi kemuliaan-Mu dalam setiap keadaan


وَ عَلَيَّ في جَميعِ الاُمُورِ عَطُوفاً

wa ‘alayya fi jami’il umuri ‘athufa

dan juga kasihi aku dalam segala perkara


اِلهي وَرَبّي مَنْ لي غَيْرُكَ

ilahi wa robbi man li ghoiruk

ya Ilahi wahai Tuhanku, siapa lagi untukku selain-Mu?


اَسْئَلُهُ كَشْفَ ضُرّي

as’aluhu kasyfa dhurri

yang dapat kuminta untuk menyingkirkan keburukanku


وَالنَّظَرَ في اَمْري

wan nadhoro fi amri

dan menoleh pada masalah-masalahku


اِلهي وَ مَوْلايَ اَجْرَيْتَ عَلَيَّ حُكْماً اِتَّبَعْتُ فيهِ هَوی نَفْسي

ilahi wa maulaya ajroyta alayya hukman ittaba’tu hawa nafsi

Ilahi, engkau telah memberlakukan atasku hukum orang yang telah mengikuti hawa nafsu


وَ لَمْ اَحْتَرِسْ فيهِ مِنْ تَزْيينِ عَدُوّي فَغَرَّني بِما اَهْوي

wa lam ahtaris fihi min tazyini ‘aduwwi faghorroni bima ahwa

dan aku benar-benar tidak berhat-hati dengan buaian musuhku yang kemudian menipuku sesuka hatinya


وَ اَسْعَدَهُ عَلی ذلِكَ الْقَضاَءُ

wa as’adahu ‘ala dzalikal qodho’

dan Qadha serta Qadar telah mendukungnya


فَتَجاوَزْتُ بِما جَري عَلَيَّ مِنْ ذلِكَ بَعْضَ حُدُودِكَ

fa tajawaztu bima jaro alayya min dzalika ba’dho hududik

lalu dengan keadaan ini aku melangkahi batasan-batasan yang seharusnya tak boleh kulangkahi


وَ خالَفْتُ بَعْضَ اَوامِرِكَ

wa kholaftu ba’dho awamirik

membangkang terhadap sebagian perintah-perintah-Mu.


فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَيَّ في جَميعِ ذلِكَ

fa lakal hamdu ‘alayya fi jami’i dzalik

Maka segala puji bagi-Mu atas semua itu


وَ لا حُجَّةَ لي فيما جَري عَلَيَّ فيهِ قَضاَؤُكَ

wa la hujjata li fima jaro alayya fihi qodho’uk

aku tidak bisa berkata apa-apa atas hukuman yang Kau putuskan untukku karenanya


وَ اَلْزَمَني حُكْمُكَ وَ بَلاؤُكَ

wa alzamani hukmuka wa bala’uk

yang telah Kau pastikan dari hukuman dan bala-mu


وَ قَدْ اَتَيْتُكَ يا اِلهي

wa qod ataytuka ya ilahi

aku mendatangi-Mu wahai Tuhanku


بَعْدَ تَقْصيري وَ اِسْرافي عَلي نَفْسي

ba’da taqshiri wa isrofi ‘ala nafsi

setelah segala kesalahan dan keterlaluanku atas diriku ini


مُعْتَذِراً نادِماً

mu’tadziron nadima

dengan meminta maaf,


مُنْكَسِراً مُسْتَقيلاً

munkasiron mustaqila

menyesal, patah hati,


مُسْتَغْفِراً مُنيباً

mustaghfiron muniba

beristighfar, bertaubat,


مُقِرّاً مُذْعِناً مُعْتَرِفاً

muqirron mudz’inan mu’tarifa

mengaku atas dosaku…


لا اَجِدُ مَفَرّاً مِمّا كانَ مِنّي

wa la aijdu mafarron mimma kana minni

aku tidak menemukan jalan untuk lari


وَ لا مَفْزَعاً اَتَوَجَّهُ اِلَيْهِ في اَمْري

wa la mafza’an atawajjahu ilaihi fi amri

dan berlindung ketakutan


غَيْرَ قَبُولِكَ عُذْري

ghoiru qobulika ‘udzri

selain memohon-Mu menerima maafku


وَ اِدْخالِكَ اِيّايَ في سَعَةِ رَحْمَتِكَ

wa idkholika iyyaya fi sa’ati rohmatik

dan memasukkanku ke dalam rahmat-Mu


اَللّهُمَّ فَاقْبَلْ عُذْري

allohumma faqbal ‘udzri

ya Allah, terimalah maaf ini


وَارْحَمْ شِدَّةَ ضُرّي

warham syiddata dhurri

kasihanilah hamba yang sangat buruk ini


وَ فُكَّني مِنْ شَدِّ وَ ثاقي

wa fukkani min syaddi watsaqi

bebaskan aku dari belenggu dosaku


يا رَبِّ ارْحَمْ ضَعْفَ بَدَني

ya rabbirham dho’fa badani

ya Rabbi, kasihani tubuhku yang lemah ini


وَ رِقَّةَ جِلْدي وَ دِقَّةَ عَظْمي

wa riqqota jildi wa diqqota adhmi

kulitnya yang tipis, dan tulangnya yang rapuh


يا مَنْ بَدَءَ خَلْقي وَ ذِكْري وَ تَرْبِيَتي

ya man bada’a kholqi wa dzikri wa tarbiyati

wahai yang memulai penciptaanku dan mendidikku


وَ بِرّي وَ تَغْذِيَتي

wa birri wa taghdziyati

lalu berbuat baik padaku dan menghidupiku


هَبْني لاِبْتِدآءِ كَرَمِكَ وَ سالِفِ بِرِّكَ بي

habni libtidaa’i karomika wa salifi birrika bi

berilah kembali kebaikan-Mu itu sebagaimana yang lalu


يا اِلهي وَ سَيِّدي وَ رَبّي

ya ilahi wa sayyidi wa robbi

ya Ilahi wahai Tuhanku,


اَتُراكَ مُعَذِّبي بِنارِكَ بَعْدَ تَوْحيدِكَ

aturoka mu’adzibi binarika ba’da tauhidik

apakah benar Kau akan membiarkanku diadzab di neraka-Mu setelah aku mengakui keesaan-Mu?


وَ بَعْدَ مَا انْطَوی عَلَيْهِ قَلْبي مِنْ مَعْرِفَتِكَ

wa ba’da manthowa alaihi qolbi min ma’rifatik

setelah hati ini menyadari keagungan-Mu? dan lidahku bergetar saat mengingat-Mu?


وَ لَهِجَ بِهِ لِساني مِنْ ذِكْرِكَ

wa lahija bihi lisani min dzikrik

sampai-sampai lidahku lancar berdzikir menyebut nama-Mu


وَاعْتَقَدَهُ ضَميري مِنْ حُبِّكَ

wa’taqodahu dhomiri min hubbik

dan jiwaku telah terikat dengan kecintaan pada-Mu


وَ بَعْدَ صِدْقِ اعْتِرافي وَ دُعاَئي خاضِعاً لِرُبُوبِيَّتِكَ

wa ba’da shidqi i’tirofi wa du’a’i khodhi’an lirububiyyatik

setelah kuakui Engkau secara jujur, berdoa pada-Mu secara tulus, dan tunduk akan rububiyah-Mu?


هَيْهاتَ اَنْتَ اَكْرَمُ مِنْ اَنْ تُضَيِّعَ مَنْ رَبَّيْتَهُ

haihata anta akromu min an tudhoyyi’a man robbaitah

tidak… Engkau tidak mungkin menghempaskan begitu saja hamba yang telah Kau didik.


اَوْ تُبْعِدَ مَنْ اَدْنَيْتَهُ

auw tub’ida man adnaitah

Maha Mulia Engkau untuk menjauhkan hamba yang pernah Kau dekatkan dan Kau sayangi


اَوْ تُشَرِّدَ مَنْ آوَيْتَهُ

auw tusyarrida man aawaitah

atau Kau abaikan orang yan telah Kau ayomi


اَوْ تُسَلِّمَ اِلَی الْبَلاءِ مَنْ كَفَيْتَهُ وَ رَحِمْتَهُ

auw tusallima ilal bala’i man kafaitahu wa rohimtah

dan menceburkannya dalam bala dan bencana padahal Engkau telah mencukupinya dan merahmatinya


وَ لَيْتَ شِعْري يا سَيِّدي وَ اِلهي وَ مَوْلايَ

wa laita syi’ri ya sayyidi wa ilahi wa maulaya

aku ingin tahu, wahai Tuhanku…


اَتُسَلِّطُ النّارَ عَلي وُجُوهٍ خَرَّتْ لِعَظَمَتِكَ ساجِدَةً

atusallithunnaro ala wujuhin khorrot li’adhomatika sajidah

apakah Kau akan membakar wajah-wajah yang telah tunduk karena keagungan-Mu dalam sujud


وَ عَلي اَلْسُنٍ نَطَقَتْ بِتَوْحيدِكَ صادِقَةً

wa ‘ala alsunin natoqot bitauhidika sodiqoh

lidah yang mengucap tulus tentang keesaan-Mu


وَ بِشُكْرِكَ مادِحَةً

wa bisyukrika madihah

hamba yang telah memuji-Mu karena mensyukuri-Mu


وَ عَلي قُلُوبٍ اعْتَرَفَتْ بِاِلهِيَّتِكَ مُحَقِّقَةً

wa ‘ala qulubin i’tarofat biilahiyyatika muhaqqiqoh

hamba yang mengaku di hatinya bahwa Engkau benar-benar Tuhannya


وَ عَلي ضَماَئِرَ حَوَتْ مِنَ الْعِلْمِ بِكَ حَتّی صارَتْ خاشِعَةً

wa ‘ala dhoma’iro hawat minal ‘ilmi bika hatta shorot khosyi’ah

hamba yang hatinya penuh pengetahuan tentang-Mu hingga merasa takut


وَ عَلی جَوارِحَ سَعَتْ اِلی اَوْطانِ تَعَبُّدِكَ طاَئِعَةً

wa ‘ala jawariha sa’at ila awthoni ta’abbudika tho’i’ah

hamba yang tubuhnya bergegas dihantarkan menuju tempat ibadah-Mu dengan penuh kerinduan


وَ اَشارَتْ بِاسْتِغْفارِكَ مُذْعِنَةً

wa asyarot bistighfarika mudz’inah

dan mengisyarahkan istighfarnya dengan penuh harapan pengampunan


ما هكَذَا الظَّنُّ بِكَ وَ لا اُخْبِرْنا بِفَضْلِكَ عَنْكَ

ma hakadza dzonnu bik wala ukhbirna bifadhlika anka

sunggah tidak seperti itu prasangkaku, tidak seperti itu yang pernah kudengar tentang kemurahan-Mu


يا كَريمُ يا رَبِّ

ya karimu ya robb

wahai Yang Maha Pemurah waha Rabb-ku


وَ اَنْتَ تَعْلَمُ ضَعْفي

wa anta ta’lamu dho’fi

Engkau tahu jelas betapa lemahnya aku


عَنْ قَليلٍ مِنْ بَلاَءِ الدُّنْيا وَ عُقُوباتِها

‘an qolilin min bala’id dunya wa ‘uqubatiha

yang tidak mampu bertahan atas bala di dunia dan hukuman yang sedikit ini


وَ ما يَجْری فيها مِنَ الْمَكارِهِ عَلی اَهْلِها

wa ma yajro fiha minal makarihi ala ahliha

atas segala yang menimpa penduduknya dari kesusahan-kesusahan


عَلی اَنَّ ذلِكَ بَلاَءٌ وَ مَكْرُوهٌ قَليلٌ مَكْثُهُ

ala anna dzalika bala’un wa makruhun qolilun maktsuh

padahal bala dan kesusahan itu tak berlangsung lama,


يَسيرٌ بَقاَئُهُ قَصيرٌ مُدَّتُهُ

yasirun baqo’uh qoshirun muddatuh

sebentar dan pendek masanya


فَكَيْفَ احْتِمالي لِبَلاَءِ الآخِرَةِ

fa kaifah timali libala’il akhiroh

lalu bagaimana mungkin daku bertahan dalam bala


وَ جَليلِ وُقُوعِ الْمَكارِهِ فيها

wa jalili wuqu’il makarihi fiha

dan segala hukuman yang ada di sana?


وَهُوَ بَلاَءٌ تَطُولُ مُدَّتُه وَ يَدُومُ مَقامُهُ

wa huwa bala’un tathulu muddatuhu wa yadumu maqomuh

yang berlangsung lama


وَ لا يُخَفَّفُ عَنْ اَهْلِهِ

wa la yukhoffafu ‘an ahlihi

dan tidak ada keringanan bagi penghuninya


لاِنَّهُ لا يَكُونُ اِلاّ عَنْ غَضَبِكَ

liannahu la yakunu illa ‘an ghodhobik

tak lain karena amarah-Mu…


وَاْنتِقامِكَ وَ سَخَطِكَ

wantiqomika wa sakhotik

dan karena murka-Mu.


هذا ما لا تَقُومُ لَهُ السَّمواتُ وَالاْرْضُ

hadza ma la taqumu lahus samawatu wal ardh

Bahkan langit dan bumi pun tak mampu menahan siksa hukuman itu


يا سَيِّدِي فَكَيْفَ لي

ya sayyidi fa kaifa li

apa lagi aku, wahai Tuhanku?


وَ اَنَا عَبْدُكَ الضَّعيفُ الذَّليلُ

wa ana ‘abduka dho’iful dzalil

aku hambamu yang lemah, hina


الْحَقيرُ الْمِسْكينُ الْمُسْتَكينُ

al haqirul miskinul mustakin

malang, miskin dan papa


يا اِلهي وَ رَبّي وَ سَيِّدِي وَ مَوْلايَ

ya ilahi wa robbi wa sayyidi wa maulaya

ya Tuhanku wahai maulaku


لاِيِّ الاُمُورِ اِلَيْكَ اَشْكُو

liayyil umuri ilaika asyku

apa yang akan kuadukan pada-Mu di sana nanti?


وَ لِما مِنْها اَضِجُّ وَ اَبْكي

wa lima minha adhijju wa abki

karena apa kelak aku akan menangis di sana?


لاِليمِ الْعَذابِ وَ شِدَّتِهِ

li alimil adzabi wa syiddatih

apakah karena pedihnya siksaan,


اَمْ لِطُولِ الْبَلاَءِ وَ مُدَّتِهِ

am lithulil bala’i wa muddatih

atau karena lamanya aku akan disiksa?


فَلَئِنْ صَيَّرْتَني لِلْعُقُوباتِ مَعَ اَعْدآئِكَ

fa la’in shoyyartani lil ‘uqubaati ma’a a’daa’ik

jika seandainya Kau akan mengumpulkanku bersama musuh-musuh-Mu,


وَ جَمَعْتَ بَيْني وَ بَيْنَ اَهْلِ بَلاَئِكَ

wa jama’ta baini wa baini ahli bala’ik

dan Kau satukan aku bersama penduduk neraka-Mu


وَ فَرَّقْتَ بَيْني وَ بَيْنَ اَحِبّاَئِكَ وَ اَوْلياَئِكَ

wa farroqta baini wa baina ahibba’ika wa awliya’ik

dan Kau pisah aku dari hamba-hamba kecintaan-Mu


فَهَبْني يا اِلهي وَ سَيِّدِي وَ مَوْلايَ وَ رَبّي صَبَرْتُ عَلی عَذابِكَ

fahabni ya ilahi wa sayyidi wa maulaya wa robbi shobartu ala adzabik

maka ya Tuhan, aku mungkin masih bisa bersabar atas siksaan itu


فَكَيْفَ اَصْبِرُ عَلی فِراقِكَ

fakaifa ashbiru ‘ala firoqik

namun bagaimana aku bisa bersabar atas perpisahan dari-Mu?


وَ هَبْني صَبَرْتُ عَلی حَرِّ نارِكَ

wa habni shobartu ‘ala harri narik

anggaplah aku tahan dengan panasnya api neraka-Mu,


فَكَيْفَ اَصْبِرُ عَنِ النَّظَرِ اِلی كَرامَتِكَ

fakaifa ashbiru ‘anin nadhori ila karomatik

lalu bagaimana aku bisa bersabar untuk ingin merasakan kasih-Mu


اَمْ كَيْفَ اَسْكُنُ فِي النّارِ وَ رَجاَئي عَفْوُكَ

am kaifa askunu finnari wa roja’i ‘afwuk

bagaimana aku tinggal di neraka? sedang harapanku adalah maaf-Mu


فَبِعِزَّتِكَ يا سَيِّدي وَ مَوْلايَ اُقْسِمُ صادِقاً

fa bi’izzatika ya sayyidi wa maulaya uqsimu shodiqo

maka demi kemuliaan-Mu, wahai Tuhanku, aku bersumpah,


لَئِنْ تَرَكْتَني ناطِقاً

la’in taroktani nathiqo

jika engkau membiarkanku dapat berbicara di sana


لاَضِجَّنَّ اِلَيْكَ بَيْنَ اَهْلِها ضَجيجَ الآ مِلينَ

laadhijjanna ilaika baina ahliha dhojijal aamilin

aku akan berteriak di tengah-tengah mereka memanggil-Mu dengan penuh harapan


وَ لاَصْرُخَنَّ اِلَيْكَ صُراخَ الْمَسْتَصْرِخينَ

wa laashrukhonna ilaika shurokhol mustashrikhin

aku akan berteriak di tengah-tengah mereka memanggil-Mu


وَ لاَبْكِيَنَّ عَلَيْكَ بُكاَءَ الْفاقِدينَ

wa la’abkiyanna alaika buka’al faqidin

menangis karena kehilangan-Mu


وَ لاُنادِيَنَّكَ اَيْنَ كُنْتَ يا وَلِيَّ الْمُؤْمِنينَ

wa launadiyannaka aina kunta ya waliyyal mu’minin

akan kupanggil nama-Mu: di manakah Engkau wahai pengayom orang-orang yang beriman!?


يا غايَةَ آمالِ الْعارِفينَ

ya ghoyata aamaalil ‘arifin

Wahai harapan orang-orang arif


يا غِياثَ الْمُسْتَغيثينَ

ya ghiyatsal mustaghitsin

Wahai penolong hamba-hamba yang mencari pertolongan


يا حَبيبَ قُلُوبِ الصّادِقينَ

ya habiba qulubis shodiqin

wahai kecintaan hati-hati yang tulus,


وَ يا اِلهَ الْعالَمينَ

wa ya ilahal ‘alamin

wahai Tuhan semesta alam


اَفَتُراكَ سُبْحانَكَ يا اِلهي وَ بِحَمْدِكَ

afaturoka subhanaka ya ilahi wa bihamdik

tegakah Engkau wahai Tuhanku yang kupuji,


تَسْمَعُ فيها صَوْتَ عَبْدٍ مُسْلِمٍ سُجِنَ فيها بِمُخالَفَتِهِ

tasma’u fiha shouta abdin muslimin sujina fiha bimukholafatih

mendengar suara hamba-Mu di sana yang kesakitan terkurung api neraka-Mu karena pertentangannya


وَ ذاقَ طَعْمَ عَذابِها بِمَعْصِيَتِهِ

wa dzaqo tho’ma ‘adzabiha bima’shiyatih

dan merasakan siksa-Mu karena maksiatnya,


وَ حُبِسَ بَيْنَ اَطْباقِها بِجُرْمِهِ وَ جَريرَتِهِ

wa hubisa baina athbaqiha bijurmihi wa jarirotih

terperangkap di antara lapisan-lapisannya karena kejahatannya


وَ هُوَ يَضِجُّ اِلَيْكَ ضَجيجَ مُؤَمِّلٍ لِرَحْمَتِكَ

wa huwa yadhijju ilaika dhojija mu’ammilin lirohmatik

sedang ia memelas dan memohon rahmat-Mu


وَ يُناديكَ بِلِسانِ اَهْلِ تَوْحيدِكَ

wa yunadika bilisani ahli tauhidik

memanggilmu dengan lidah ahli Tauhid,


وَ يَتَوَسَّلُ اِلَيْكَ بِرُبُوبِيَّتِكَ

wa yatawassalu ilaika birububiyyatik

bertawasul pada-Mu dengan rububiyah-Mu


يا مَوْلايَ فَكَيْفَ يَبْقی فِي الْعَذابِ

ya maulaya fakaifa yabqo fil ‘adzab

Ya Rabbi, bagaimana ia tetap berada dalam siksa


وَ هُوَ يَرْجُوا ما سَلَفَ مِنْ حِلْمِكَ

wa huwa yarju ma salafa min hilmik

sedang ia memohon apa yang ia dengar sebelumnya tentang ampun-Mu?


اَمْ كَيْفَ تُؤْلِمُهُ النّارُ

am kaifa tu’limuhun naar

bagaimana api bakal menyakitinya


وَ هُوَ يَأمُلُ فَضْلَكَ وَ رَحْمَتَكَ

wa huwa ya’mulu fadhlaka wa rohmatak

sedang ia senantiasa merenungi karunia dan rahmat-Mu?


اَمْ كَيْفَ يُحْرِقُهُ لَهيبُها

am kaifa yuhriquhu lahibuha

bagaimana jilatan api membakarnya


وَ اَنْتَ تَسْمَعُ صَوْتَهُ وَ تَری مَكانَهُ

wa anta tasma’u shoutahu wa taro makanah

sedang Engkau sendiri sedang mendengar suaranya, melihat di mana ia berada?


اَمْ كَيْفَ يَشْتَمِلُ عَلَيْهِ زَفيرُها

am kaifa yashtamilu ‘alaihi zafiruha

bagaimana api menyelimutinya


وَ اَنْتَ تَعْلَمُ ضَعْفَهُ

wa anta ta’lamu dho’fah

padahal Kau tahu betapa ia lemah?


اَمْ كَيْفَ يَتَقَلْقَلُ بَيْنَ اَطْباقِها

am kaifa yataqolqolu baina athbaqiha

bagimana ia jatuh bangun di sana


وَ اَنْتَ تَعْلَمُ صِدْقَهُ

wa anta ta’lamu shidqoh

sedang Kau tahu ketulusannya?


اَمْ كَيْفَ تَزْجُرُهُ زَبانِيَتُها

am kaifa tazjuruhu zabaniyatuha

bangaimana para penjaga neraka menggiringnya dengan kasar sedang ia selalu merintih,


وَ هُوَ يُناديكَ يا رَبَّهُ

wa huwa yunadika ya robbah

sedang ia memanggilku oh Tuhannya


اَمْ كَيْفَ يَرْجُو فَضْلَكَ في عِتْقِهِ مِنْها فَتَتْرُكُهُ فيها

am kaifa yarju fadhlaka fi ‘itqihi minha fatatrukuhu fiha

bagaimana ia mengharap kemurahan-Mu namun Engkau meninggalkannya?


هَيْهاتَ ما ذلِكَ الظَّنُ بِك

haihata ma dzalika dzonnu bik

tidak, sungguh aku tidak menyangka Engkau akan seperti itu…


وَ لاَالْمَعْرُوفُ مِنْ فَضْلِك

wa lal ma’rufu min fadhlik

bukan seperti itu apa yang sering aku dengar tentang kemurahan-Mu


وَ لا مُشْبِهٌ لِما عامَلْتَ بِهِ الْمُوَحِّدينَ مِنْ بِرِّكَ وَ اِحْسانِكَ

wa la musybihun lima ‘amalta bihil muwahhidina min birrika wa ihsanik

sama sekali tidak seperti bagaimana Engkau memperlakukan hamba-hamba yang mengesakan-Mu


فَبِالْيَقينِ اَقْطَعُ لَوْ لا ما حَكَمْتَ بِهِ مِنْ تَعْذيبِ جاحِديكَ

fa bil yaqini aqtho’u lau la ma hakamta bihi min ta’dzibi jahidik

dengan penuh yakin, jika seandainya Engkau tidak berjanji untuk menyiksa para pendosa-Mu,


وَ قَضَيْتَ بِهِ مِنْ اِخْلادِ مُعانِديكَ

wa qodhoita bihi min ikhladi mu’anidik

jika sebelumnya Engkau tidak bertekat untuk mengekalkan musuh-musuh-Mu di sana


لَجَعَلْتَ النّارَ كُلَّها بَرْداً وَ سَلاماً

laja’altan naro kullaha bardan wa salama

Engkau pasti telah menjadikan api neraka seluruhnya dingin dan tentram;


وَ ما كانَ لاِحَدٍ فيها مَقَرّاً وَ لا مُقاماً

wa ma kana liahadin fiha maqorron wa la muqoma

tidak akan ada satupun yang akan tinggal di sana


لكِنَّكَ تَقَدَّسَتْ اَسْماَؤُكَ

lakinnaka taqoddasa asma’uk

namun amat suci nama-Mu…


اَقْسَمْتَ اَنْ تَمْلاَها مِنَ الْكافِرينَ

aqsamta an tamla’aha minal kafirin

Engkau telah berjanji untuk memenuhinya dengan orang-orang kafir,


مِنَ الْجِنَّةِ وَالنّاسِ اَجْمَعينَ

minal jinnati wan naasi ajma’in

baik dari jin maupun manusia sekalian


وَ اَنْ تُخَلِّدَ فيهَا الْمُعانِدينَ

wa an tukhollida fihal mu’anidin

dan mengkekalkan di dalamnya orang-orang yang menentang


وَ اَنْتَ جَلَّ ثَناؤُكَ قُلْتَ مُبْتَدِئاً

wa anta jalla tsana’uka qulta mubtadi’a

Engkau juga telah berkata sebelumnya


وَ تَطَوَّلْتَ بِالاِنْعامِ مُتَكَرِّماً

wa tathowwalta bil in’ami mutakarrima

dan telah menganugerahkan nikmat-nikmat ini atas kedermawanan-Mu


اَفَمَنْ كانَ مُؤْمِناً كَمَنْ كانَ فاسِقاً لا يَسْتَوُونَ

afaman kana mu’mina kaman kana fasiqon la yastawun

seraya Kau katakan, “Apakah orang yang beriman sama dengan orang fasik? Sungguh berbeda.”


اِلهي وَ سَيِّدي

ilahi wa sayyidi

ya Ilahi, wahai junjunganku…


فَاَسْئَلُكَ بِالْقُدْرَةِ الَّتي قَدَّرْتَها

fa as’aluka bil qudrotil lati qoddartaha

maka aku memohon dengan kekuatan yang telah Kau kudratkan


وَ بِالْقَضِيَّةِ الَّتي حَتَمْتَها وَ حَكَمْتَها

wa bil qodhiyyatil lati hatamtaha wa hakamtaha

dan dengan keputusan yang telah Kau putuskan dan pastikan


وَ غَلَبْتَ مَنْ عَلَيْهِ اَجْرَيْتَها

wa gholabta man ‘alaihi ajroiytaha

dan telah Kau menangi siapapun yang Kau berlakukan itu atasnya,


اَنْ تَهَبَ لي في هذِهِ اللَّيْلَةِ

an tahaba li fi hadzihil lailah

agar Kau memberikan daku di malam ini,


وَ في هذِهِ السّاعَةِ

wa fi hadzihis sa’ah

dan detik ini juga


كُلَّ جُرْمٍ اَجْرَمْتُهُ وَ كُلَّ ذَنْبٍ اَذْنَبْتُهُ

kulla jurmin ajromtuh wa kulla dzanbin adznabtuh

anugrah maaf atas segala kejahaan yang telah kujalani, juga dosa yang telah kulakukan


وَ كُلَّ قَبِيحٍ اَسْرَرْتُهُ وَ كُلَّ جَهْلٍ عَمِلْتُهُ

wa kulla qobihin asrortuh wa kulla jahlin ‘amiltuh

keburukan yang telah kusembunyikan, dan segala kebodohan yang telah kulakukan


كَتَمْتُهُ اَوْ اَعْلَنْتُهُ اَخْفَيْتُهُ اَوْ اَظْهَرْتُهُ

katamtuhu auw a’lantuh akhfaituhu auw adhhartuh

baik diam-diam atau terang-terangan; kusembunyikan atau kutampakkan

وَ كُلَّ سَيِّئَةٍ اَمَرْتَ بِاِثْباتِهَا الْكِرامَ الْكاتِبينَ

wa kulla sayyi’atin amarta biitsbatihal kiromal katibin

dan segala nista yang telah kau perintahkan para malaikat mulia untuk mencatatnya


الَّذينَ وَكَّلْتَهُمْ بِحِفْظِ ما يَكُونُ مِنّي

alladzina wakkaltahum bihifdzi ma yakunu minni

yang Kau percaya untuk mengingat apa yang telah kukerjakan


وَ جَعَلْتَهُمْ شُهُوداً عَلَيَّ مَعَ جَوارِحي

wa ja’altahum syuhudan ‘alayya ma’a jawarihi

dan Kau jadikan mereka saksi atas apa yang dilakukan anggota tubuhku


وَ كُنْتَ اَنْتَ الرَّقيبَ عَلَيَّ مِنْ وَراَئِهِمْ

wa kunta antar roqiba ‘alayya min waro’ihim

Engkau juga selalu ada di belakang mereka


وَالشّاهِدَ لِما خَفِيَ عَنْهُمْ

was syahida lima khofiya ‘anhum

dan menyaksikan apa yang tidak mereka saksikan…


وَ بِرَحْمَتِكَ اَخْفَيْتَهُ وَ بِفَضْلِكَ سَتَرْتَهُ

wa birohmatika akhfaitah wa bifadhlika satartah

karena rahmat-Mu pula tutupilah semua itu


وَ اَنْ تُوَفِّرَ حَظّي مِنْ كُلِّ خَيْرٍ اَنْزَلْتَهُ

wa an tuwaffiro haddhi min kulli khoirin anzaltah

Kumohon agar memenuhi nasibku ini dengan segala kebaikan yang Kau turunkan,


اَوْ اِحْسانٍ فَضَّلْتَهُ اَوْ بِرٍّ نَشَرْتَهُ

auw ihsanin faddholtah auw birrin nasyartah

cinta dan kasih sayang yang Kau anugerahkan kebaikan yang Kau tebar


اَوْ رِزْقٍ بَسَطْتَهُ اَوْ ذَنْبٍ تَغْفِرُهُ اَوْ خَطَاءٍ تَسْتُرُهُ

auw rizqin basath thahu auw dzanbin taghfiruhu auw khotho’in tasturuh

rizki yang Kau gelar, dosa yang Kau ampuni, atau kesalahan yang Kau tutupi


يا رَبِّ يا رَبِّ يا رَبِّ

ya robbi ya robbi ya robb

ya Rabbi, ya Rabbi, ya Rabbi…


يا اِلهي وَ سَيِّدي وَ مَوْلايَ

ya ilahi wa sayyidi wa mauwlaya

ya Allah wahai Tuhanku, tuanku, dan pemilik diriku,


وَ مالِكَ رِقّي يا مَنْ بِيَدِهِ ناصِيَتي

wa malika riqqi ya man biyadihi nashiyati

wahai yang menguasai ikhtiarku


يا عَليماً بِضُرّي وَ مَسْكَنَتي

ya ‘aliman bidhurri wa maskanati

wahai yang tahu buruk dan malangnya aku,


يا خَبيراً بِفَقْري وَ فاقَتي

ya khobiron bifaqri wa faqoti

wahai yang mendengar fakir dan miskinnya hambamu ini


يا رَبِّ يا رَبِّ يا رَبِّ

ya robbi ya robbi ya robb

ya Rabbi, ya Rabbi, ya Rabbi…


اَسْئَلُكَ بِحَقِّكَ وَ قُدْسِكَ وَ اَعْظَمِ صِفاتِكَ وَ اَسْماَّئِكَ

as’aluka bihaqqika wa qudsika wa a’dhomi shifatika wa asma’ik

aku memohon pada-Mu demi hak-Mu, kekudus-Mu, dan sifat-sifat agung-Mu


اَنْ تَجْعَلَ اَوْقاتي مِنَ اللَّيْلِ وَالنَّهارِ بِذِكْرِكَ مَعْمُورَةً

an taj’ala auwqoti minal laili wan nahari bidzikrika ma’muroh

juga dengan nama-nama-Mu, agar Kau jadikan waktu-waktuku di malam dan siang hari penuh dengan dzikir pada-Mu


وَ بِخِدْمَتِكَ مَوْصُولَةً وَ اَعْمالي عِنْدَكَ مَقْبُولَةً

wa bikhidmatika maushulah wa a’mali ‘indaka maqbulah

khidmat untuk-Mu selalu, dan Kau terima amal-amalku


حَتّي تَكُونَ اَعْمالي وَ اَوْرادي كُلُّها وِرْداً واحِداً

hatta takuna a’mali wa auwrodi kulluha wirdan wahida

sehingga segala yang kulakukan bagaikan wirid-wirid yang satu


وَ حالي في خِدْمَتِكَ سَرْمَداً

wa hali fi khidmatika sarmada

dan aku selalu dalam keadaan berkhidmat untukmu


يا سَيِّدي يا مَنْ عَلَيْهِ مُعَوَّلي

ya sayyidi ya man ‘alaihi mu’awwali

wahai sandaranku


يا مَنْ اِلَيْهِ شَكَوْتُ اَحْوالي

ya man ilaihi syakauwtu ahwali

wahai tempatku mengadukan kondisiku


يا رَبِّ يا رَبِّ يا رَبِّ

ya robbi ya robbi ya robb

ya Rabbi, ya Rabbi, ya Rabbi…


قَوِّ عَلی خِدْمَتِكَ جَوارِحي

qowwi ‘ala khidmatika jawarihi

kuatkanlah tubuh hambamu untuk berkhidmat


وَاشْدُدْ عَلَی الْعَزيمَةِ جَوانِحي

wasydud ‘alal azimati jawanihi

kokohkan tekatku


وَ هَبْ لِيَ الْجِدَّ في خَشْيَتِكَ

wa habliyal jidda fi khosyatik

berilah aku kesungguhan dalam berkhusyuk


وَالدَّوامَ فِي الاِتِّصالِ بِخِدْمَتِكَ

wad dawama fil ittisholi bikhidmatik

istiqamah untuk selalu terus menerus berkhidmat


حَتّی اَسْرَحَ اِلَيْكَ في مَيادينِ السّابِقينَ

hatta asroha ilaika fi mayadinis sabiqin

sehingga aku dapat bergegas menuju-Mu di medan-medan para kekasih-Mu yang menuju


وَ اُسْرِعَ اِلَيْكَ فِي الْبارِزينَ

wa usri’a ilaika fil barizin

menyusul menjadi yang terdepan


وَ اَشْتاقَ اِلي قُرْبِكَ فِي الْمُشْتاقينَ

wa asytaqo ila qurbika fil musytaqin

merindukan kedekatan dengan-Mu seperti para perindu lainnya


وَ اَدْنُوَ مِنْكَ دُنُوَّ الْمُخْلِصينَ

wa adnuwa minka dunuwwal mukhlishin

menjadi lebih dekat sebagaimana orang-orang yang ikhlas,


وَ اَخافَكَ مَخافَةَ الْمُوقِنينَ

wa akhofaka makhofatal muqinin

takut akan azab-Mu seperti takutnya orang-orang yang yakin


وَ اَجْتَمِعَ في جِوارِكَ مَعَ الْمُؤْمِنينَ

wa ajtami’a fi jiwarika ma’al mu’minin

lalu aku berkumpul di sisi-Mu dengan orang-orang yang beriman


اَللّهُمَّ وَ مَنْ اَرادَني بِسُوءٍ فَاَرِدْهُ وَ مَنْ كادَني فَكِدْهُ

allahumma wa man arodani bisu’in fa aridhu wa man kadani fakidhu

ya Allah, siapapun yang menginginkan keburukan untukku maka tolaklah, siapapun yang dengki padaku dengkilah padanya


وَاجْعَلْني مِنْ اَحْسَنِ عَبيدِكَ نَصيباً عِنْدَكَ

waj’alni min ahsani ‘abidika nashiban ‘indak

dan jadikan aku hamba yang paling bagus nasibnya di sisi-Mu


وَ اَقْرَبِهِمْ مَنْزِلَةً مِنْكَ

wa aqrobihim manzilatan mink

dan paling dekat kedudukannya dengan-Mu,


وَ اَخَصِّهِمْ زُلْفَةً لَدَيْكَ

wa akhosshihim zulfatan ladaik

yang paling istimewa martabatnya di hadapan-Mu…


فَاِنَّهُ لا يُنالُ ذلِكَ اِلاّ بِفَضْلِكَ

fa innahu la yunalu dzalika illa bifadhlik

sungguh itu semua tidak akan dapat digapai kecuali dengan karunia-Mu


وَ جُدْلي بِجُودِكَ

wa jud li bijudik

bermurah hatilah padaku dengan kemurah-hatian-Mu,


وَاعْطِفْ عَلَيَّ بِمَجْدِكَ

wa’thif ‘alayya bimajdik

torehkan perhatian-Mu padaku dengan keagungan-Mu


وَاحْفَظْني بِرَحْمَتِكَ

wah fadhni birohmatik

jagalah aku dengan rahmat-Mu


وَاجْعَلْ لِساني بِذِكْرِكَ لَهِجاً

waj’al lisani bidzikrika lahija

dengan rahmat-Mu jadikan lidah ini senantiasa menyebut-Mu dengan nyata,


وَ قَلْبي بِحُبِّكَ مُتَيَّماً

wa qolbi bihubbika mutayyama

dan penuhi hatiku dengan cinta-Mu


وَ مُنَّ عَلَيَّ بِحُسْنِ اِجابَتِكَ

wa munna ‘alayya bihusni ijabatik

karuniakan daku jawaban doa,


وَ اَقِلْني عَثْرَتي وَاغْفِرْ زَلَّتي

wa aqilni ‘atsroti waghfir zallati

kurangi ketergelinciranku, ampuni kesalahanku


فَاِنَّكَ قَضَيْتَ عَلی عِبادِكَ بِعِبادَتِكَ

fa innaka qodhoita ‘ala ‘ibadika bi’ibadatik

Sesungguhnya Engkau telah memerintahkan hamba-hamba-Mu untuk menyembah-Mu,


وَ اَمَرْتَهُمْ بِدُعاَئِكَ

wa amartahum bidu’a’ika

menyuruh mereka berdoa


وَ ضَمِنْتَ لَهُمُ الاِجابَةَ

wa dhominta lahumul ijabah

dan Kau janjikan jawaban serta ijabah


فَاِلَيْكَ يا رَبِّ نَصَبْتُ وَجْهي

fa ilaika ya robbi nashobtu wajhi

maka kini kutengadahkan wajahku pada-Mu


وَ اِلَيْكَ يا رَبِّ مَدَدْتُ يَدي

wa ilaika ya robbi madadtu yadi

dan kepada-Mu ya Tuhan kuangkat kedua tanganku


فَبِعِزَّتِكَ اسْتَجِبْ لي دُعاَئي وَ بَلِّغْني مُنايَ وَ لا تَقْطَعْ مِنْ فَضْلِكَ رَجاَئي

fa bi’izzatikas tajib li du’a’i wa ballighni munaya wa la taqtho’ min fadhlika roja’i

maka demi keagungan-Mu, jawablah doaku ini, sampaikan aku kepada harapanku, jangan Kau potong harapan ini terhadap kemurahan-Mu


وَاكْفِني شَرَّ الْجِنِّ وَالاِنْسِ مِنْ اَعْدآئي

wakfini syarrol jinni wal insi min a’da’i

jagalah aku dari keburukan jin dan manusia, dari golongan musuh-musuhku…


يا سَريعَ الرِّضا

ya sari’ar ridho

wahai yang cepat ridha-Nya


اِغْفِرْ لِمَنْ لا يَمْلِكُ اِلا الدُّعاَءَ

ighfir liman la yamliku illad dhu’a’

ampuni hamba yang tidak memiliki apapun selain doa…


فَاِنَّكَ فَعّالٌ لِما تَشاَءُ

fainnaka fa’alun lima tasya’

sesungguhnya Engkau maha melakukan apapun yang Kau inginkan


يا مَنِ اسْمُهُ دَواءٌ وَ ذِكْرُهُ شِفاَءٌ

ya manismuhu dawa’ wa dzikruhu syifa’

wahai yang nama-Nya adalah obat dan mengingat-Nya adalah kesembuhan


وَطَاعَتُهُ غِنًی

wa tho’atuhu ghina

taat padanya adalah kekayaan


اِرْحَمْ مَنْ رَأسُ مالِهِ الرَّجاَءُ وَ سِلاحُهُ الْبُكاَءُ

irham man ro’su malihi roja’ wa silahuhul buka’

kasihi orang yang modalnya hanya harapan, senjatanya adalah tangisan


يا سابِغَ النِّعَمِ يا دافِعَ النِّقَمِ

ya sabighon ni’am ya dafi’an niqom

wahai yang selalu memberi nikmat, mencegah keburukan


يا نُورَ الْمُسْتَوْحِشينَ فِي الظُّلَمِ

ya nurol mustauhisyina fid dzulam

wahai cahaya orang yang mencari pelita di kegelapan


يا عالِماً لا يُعَلَّمُ

ya ‘aliman la yu’allam

wahai yang mengetahui tanpa diberi tahu


صَلِّ عَلی مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ

sholli ‘ala muhammadin wa aali muhammad

curahkanlah shalawat-Mu pada Muhammad dan keluarga Muhammad


وَافْعَلْ بي ما اَنْتَ اَهْلُهُ

waf’al bi ma anta ahlul

dan perlakukan daku sebagaimana menurutmu layak Kau perlakukan


وَ صَلَّی اللّهُ عَلی رَسُولِهِ

wa shollallohu ‘ala rosulihi

semoga Allah senantiasa menyampaikan salam sejahtera shalawat kepada utusan-Nya


وَالاَئِمَّةِ الْمَيامينَ مِنْ الِهِ وَ سَلَّمَ تَسْليماً كَثيراً

wal aimmatil mayamin min aalihi wa sallama tasliman katsiro

dan para Imam dari keluarganya sebanyak-banyaknya.


Baca: Terungkap! Sejarawan Yahudi Ini Mengakui Wahabi Adalah Bagian Dari Sekte Mereka (Yahudi) http://angkasa-news-agency.blogspot.com/2017/12/terungkap-sejarawan-yahudi-ini-mengakui.html

(Karimah-Ahlul-Bait/Hauzah-Maya/Syamsuri49/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: