Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » 500 Hikmah Imam Ali bin Abi Tholib a.s. Bagian 1

500 Hikmah Imam Ali bin Abi Tholib a.s. Bagian 1

Written By Unknown on Senin, 01 Januari 2018 | Januari 01, 2018


Oleh: Ust Muhammad Taufiq Ali Yahya

1.

وقال (عليه السلام): كُنْ فِي الْفِتْنَةِ كَابْنِ اللَّبُونِ لا ظَهْرٌ فَيُرْكَبَ ولا ضَرْعٌ فَيُحْلَبَ .

1. Dalam masa kekacauan sosial, jadilah seperti unta remaja yang tak berpunggung cukup kuat untuk ditung-gangi dan tidak pula bersusu untuk diperah.”


2.

وقال (عليه السلام): أَزْرَى بِنَفْسِهِ مَنِ اسْتَشْعَرَ الطَّمَعَ، ورَضِيَ بِالذُّلِّ مَنْ كَشَفَ عَنْ ضُرِّهِ، وهَانَتْ عَلَيْهِ نَفْسُهُ مَنْ أَمَّرَ عَلَيْهَا لِسَانَهُ

2. Yang menjadikan serakah sebagai kebiasaannya, akan menurunkan harga dirinya; dan yang memperkenankan lidahnya menguasai jiwanya, akan mengaibkan jiwanya.


3.

وقال (عليه السلام): الْبُخْلُ عَارٌ، والْجُبْنُ مَنْقَصَةٌ،والْفَقْرُ يُخْرِسُ الْفَطِنَ عَنْ حُجَّتِهِ، والْمُقِلُّ غَرِيبٌ فِي بَلْدَتِهِ.

3. “Kekikiran adalah malu;sifat pengecut adalah cacat; kemiskinan menggagalkan lelaki cerdas membela kasus-nya; orang melarat adalah orang asing dikotanya sendiri.


4.

وقال (عليه السلام): أَلْعَجْزُ آفَةٌ، والصَّبْرُ شَجَاعَةٌ،والزُّهْدُ ثَرْوَةٌ، والْوَرَعُ جُنَّةٌ،ونِعْمَ الْقَرِينُ الرِّضَى .

4. Ketidakmampuan adalah petaka; kesabaran adalah keberanian; zuhud adalah kekayaan; pengendalian diri adalah perisai {terhadap dosa}: dan sahabat terbaik adalah penyerahan {kepada Allah}.


5.

وقال (عليه السلام): نِعْمَ الْقَرِيْنُ الرِّضَى، وَالْعِلْمُ وِرَاثَةٌكَرِيْمَةٌ، والآدَابُ حُلَلٌ مُجَدَّدَةٌ،والْفِكْرُ مِرْآةٌ صَافِيَةٌ .

5. Amirul Mukminin a.s. berkata : “Sebaik-baiknya teman adalah ridho, pengetahuan dan harta yang patut dimuliakan, perilaku baik adalah busana baru, dan pikiran adalah cermin yang jernih.

(Karimah-Ahlul-Bait/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: