Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Dosa Membuat Wajah Manusia Seperti Hewan

Dosa Membuat Wajah Manusia Seperti Hewan

Written By Unknown on Rabu, 17 Januari 2018 | Januari 17, 2018


Manusia dengan menyucikan jiwa maka wajah batinnya akan menjadi indah sementara dengan mengotori dirinya manusia akan mengeluarkan apa yang tersembunyi dalam dirinya dengan bentuk yang hina, dengan demikian hal ini dapat menghalangi manusia untuk meraih kemenangan.

Hal ini disampaikan Ayatullah Muhammad Rey Syahri dalam kajian tafsirnya saat menjelaskan tentang surat Al-baqarah ayat 5. Dijelaskannya, manusia di dunia ini memiliki dua wajah yakni batin dan zahir.

Ia menambahkan, penciptaan wajah zahir manusia ialah Allah swt dimana manusia tidak ada peran apapun di dalamnya, namun wajah batin manusia ialah makhluq dari amal perbuatan manusia, di dunia ini manusia tidak bisa melihat hal tersebut dengan matanya.

Manusia dengan menyucikan jiwa maka wajah batinnya akan menjadi indah sementara dengan mengotori dirinya manusia akan mengeluarkan apa yang tersembunyi dalam dirinya dengan bentuk yang hina, dengan demikian hal ini dapat menghalangi manusia untuk meraih kemenangan.

Lebih lanjut Ayatullah Rey Syahri menuturkan, orang yang paling malang ialah orang yang tidak bisa meninggalkan perbuatan buruknya, sementara yang paling berbahaya yang menghalangi manusia dari meraih kebahagiaan ialah saat sudah terbiasa melakukan dosa.

Saat manusia sudah terbiasa dengan dosa maka wajah batinnya akan berbentuk hewan. Amirul Mukminin Imam Ali as berkata “jika kalian melihat wajah sebagian orang di antara kalian maka yang terlihat adalah wujud manusia namun jika seseorang memiliki mata batin maka yang terlihat adalah wajah hewan dan mayat hidup.”

آیت الله محمد محمدی ری شهری تولیت آستان مقدس حضرت عبدالعظیم حسنی(ع) و مفسرقرآن کریم، یکشنبه شب در جلسه تفسیر آیه پنجم سوره مبارکه بقره که در مصلی بزرگ شهرری برگزار شد، اظهار داشت: انسان‌ها در عالم دنیا صاحب دو چهره باطنی و ظاهری هستند.

وی افزود: خالق چهره ظاهری انسان‌ها خداوند متعال است و آدمی در چگونگی آن نقشی ندارد اما چهره باطنی مخلوق اعمالی است که انسان انجام می‌دهد و انسان با چشم دنیایی قادر به دیدن چهره باطنی نیست.

آیت الله محمدی ری شهری درباره تفاوت تهذیب و تدسیس نفس ابراز کرد: انسان با تهذیب نفس چهره باطنی را زیبا و با تدسیس نفس صورت پنهان خود را به صورت حیوان در می‌آورد بنابراین خطرناک‌ترین موانع فلاح و رستگاری تدسیس نفس است که با انجام اعمال ناشایست بوجود می‌آید.

تولیت آستان مقدس حضرت عبدالعظیم حسنی(ع) با استناد به روایتی از امیرمومنان علی(ع) که فرمودند: بدبخت‌ترین انسان‌ها کسانی هستند که عادت بد آنها را رها نمی‌کند، ابراز کرد: خطرناک‌ترین موانع سعادت انسان آن است که فرد به انجام گناه عادت کند.

این مفسر قرآن کریم ادامه داد: زمانی که انسان به گناه عادت کند چهره باطنی او به صورت حیوان مشاهده می‌شود. امیرمومنان علی(ع) در کتاب نورانی نهج البلاغه می‌فرمایند: چهره برخی را که نگاه می‌کنید انسان است اما اگر کسی چشم باطن داشته باشد خواهد دید که آنان حیوان و میت‌های زنده‌ است.

نماینده مجلس خبرگان رهبری با بیان اینکه اگر انسان به انجام گناه عادت کند انسانیت در وجود او نابود می‌شود، گفت: چهره باطنی را خود انسان خلق می‌کند و در قیامت آن چهره باطنی ظاهر خواهد شد طبق صریح روایات؛ انسان‌های متکبر در قیامت همانند مورچه زیر پای مردم خرد می‌شوند.

این استاد درس اخلاق ادامه داد: بنابراین گناه ضمیر انسان را آلوده کرده و چهره باطنی او را به صورت حیوان تبدیل می‌کند.

پایان پیام/487

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: