Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Ritual Khotbe Khani Malam Asyura di Makam Suci Razavi

Ritual Khotbe Khani Malam Asyura di Makam Suci Razavi

Written By Unknown on Minggu, 23 September 2018 | September 23, 2018


Kepala Departemen Tempat-tempat Suci dan Urusan Peziarah Haram Suci Razavi mengabarkan penyelenggaraan tradisi khotbe khani malam Asyura di Halaman Enghelab Eslami, kompleks Makam Suci Imam Ridha as.

Astan News melaporkan, Sayid Jalal Monbati mengatakan, bersamaan dengan malam Asyura Imam Hussein as, para pelayan Makam Suci Imam Ridha as selepas shalat maghrib dan isya, berjalan kaki dari lembaga pusat Haram Suci Razavi yang terletak di perempatan Syuhada melewati jalan Shirazi hingga ke kompleks Makam Suci Imam Ridha as sambil membawa lilin menyala dan membacakan syair duka cita.

Ia menambahkan, para pelayan itu kemudian berkumpul di Halaman Enghelab Eslami Haram Suci Razavi dan menggelar acara duka, dalam kerangka acara ini, para pelayan Haram Suci Razavi, pejabat provinsi dan nasional membacakan khutbah khusus malam ini yang meliputi kesaksian kepada keesaan Tuhan, ucapan syukur dan pujian kepada Ilahi, shalawat dan salam untuk Rasulullah Saw dan salam untuk para Imam Maksum, syuhada dan Imam Khomeini serta harapan kesehatan dan panjang umur untuk Pemimpin Besar Revolusi Islam Iran atau Rahbar dan mengucapkan belasungkawa atas tibanya hari Asyura Imam Hussein as kepada Imam Ridha as, sambil membawa lilin menyala di tangannya.

Lebih lanjut Monbati menjelaskan, sekitar 40 persen halaman Enghelab dikhususkan untuk para peziarah sehingga mereka bisa mengikuti acara ini, sementara peziarah lain bisa menyaksikan acara ini lewat layar di seluruh tempat suci.

Kepala Departemen Tempat-tempat Suci dan Urusan Peziarah Haram Suci Razavi menerangkan, begitu juga untuk para peziarah yang membawa lilin menyala di tangannya disediakan tempat khusus di pintu keluar tempat-tempat suci.

Monbati melanjutkan, acara ini diselenggarakan pada hari Rabu (19/9/2018) selepas shalat maghrib dan isya dengan diisi oleh ceramah, pembacaan syair duka dan musibah oleh para Zakir atau pelantun syair Ahlul Bait as di Halaman Engelab.

(Astan-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: