Kita tidak bisa memisahkan antara ketaatan kepada Allah swt dan kepada Rasulullah saww. Karena menerima dan mentaati mutlak kepada Rasulullah saww merupakan salah satu kewajiban utama bagi setiap muslim.
Hal ini disampaikan Hujjatul Islam Husain Sabiqi dalam kajiaannya saat menjelaskan tentang ketaatan kepada Rasulullah saww dan Imam Makshum as. Dijelaskannya, dalam beberapa ayat Al-Qur’an disebutkan bahwa sunnah dan sirah nabi Muhammad saww adalah salah sumber istinbath hukum.
Ia menambahkan, kita tidak bisa memisahkan antara ketaatan kepada Allah swt dan kepada Rasulullah saww. Karena menerima dan mentaati mutlak kepada Rasulullah saww merupakan salah satu kewajiban utama bagi setiap muslim.
Dengan memantapkan langkah untuk selalu mentaati perintah-perintah Ilahi adalah di antara sebab tumbuhnya akhlaq dalam diri manusia dan menghiasi dirinya dengan makarimul akhlaq.
Perlu diketahui bahwa makarimul akhlaq dan sifat baik tanpa adanya ketakwaan tidak akan membawa manusia dalam derajat apapun, karena nilai dan kadar dari akhlaq serta sifat baik ialah dalam ketakwaan, yakni selalu taat kepada Allah swt.
Mengenai hal ini Imam Ali as mengatakan “saat kalian melihat kebaikan, kemudian kalian bersegera untuk melakukannya, dan di saat kalian menyaksikan keburukan kemudian kalian menjauhinya maka kalian akan mencapai kebahagiaan yang seutuhnya.”
Rasulullah saww bersabda “Allah swt di hari kiamat nanti akan mengangkat azab dari 3 golongan, orang yang ridha atas qadhanya, orang yang menginginkan kebaikan bagi orang-orang muslim, dan orang yang menuntun orang lain ke jalan yang benar”.
Beliau saww juga bersabda “di hari kiamat nanti orang yang memiliki kedudukan tinggi di sisi Allah swt ialah ia yang saat di dunia mengajak kebaikan lebih dari yang lainnya”
از بیرجند، حجت الاسلام حسین سابقی امروز (28 دی) در جمع طلاب و روحانیون حوزه علمیه بیرجند و در نشست بررسی و نقد نظریه نقدپذیری پیامبر اکرم (صلی الله علیه وآله) و ائمه معصومین(علیهم السلام) اظهار داشت: در آیات متعدد قرآن کریم آمده که سنت و سیره پیامبر اکرم (صلی الله علیه وآله) یکی از منابع استنباط احکام است.
وی با بیان اینکه نمی توانیم بین اطاعت از خداوند متعال و اطاعت از پیامبر اکرم (صلی الله علیه و آله) تفکیک ایجاد کنیم، گفت: پذیرش و اطاعت مطلق در مقابل پیامبر اکرم (صلی الله علیه و آله) یکی از وظایف اصلی هر مسلمان است.
استاد حوزه و دانشگاه با اشاره به رفتار برخی از مسلمین کم بصیرت و جاهل در مقابل پیامبر اکرم بیان کرد: اینگونه رفتار الگوی ارزشی و مطلوب نیست و نمی توانیم آن را دلیل و حجتی بر مطلوب بودن انتقاد به هر روشی بدانیم.
حجت الاسلام سابقی در ادامه افزود: منشا این گونه رفتارها در طول تاریخ جهالت و نادانی افراد از مقام پیامبر اکرم(ص) بوده است و احتمال دارد که ناشی از عناد و سرکشی این افراد در مقابل ایشان باشد.
وی با بیان اینکه یک سیاسی در کشور می گوید که مقام معظم رهبری معصوم نیست، گفت: هیچ کس قائل بر عصمت ایشان نیست اما باید ببینم این افراد چه هدفی دارند که بر این موضوع تاکید دارند که هیچ کس در این زمان معصوم نیست و این افراد می خواهند به عدم وجوب تبعیت برسند.
استاد حوزه و دانشگاه اظهار کرد: اگر بر عدم عصمت و عدم تبعیت تاکید دارند باید بدانند که در کتاب های فتوای فقه آمده است که نقض حکم حاکم واجد شرایط جایز نیست مگر اینکه در جایی اشتباه آن فرد روشن شده باشد.
حجت الاسلام سابقی در پایان با اشاره به اینکه برخی از افراد کلمه اسلام رحمانی را به کار می برند، گفت: اگر منظور این افراد از به کار بردن کلمه اسلام رحمانی اشاره به لیبرالیسم غربی است باید بدانید که این کار غلطی است.
پایان پیام/404
(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Posting Komentar