Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Tujuan Sejati AS di Suriah Adalah Merampok Sumber Daya, Bukan Melawan ISIS

Tujuan Sejati AS di Suriah Adalah Merampok Sumber Daya, Bukan Melawan ISIS

Written By Unknown on Jumat, 09 Februari 2018 | Februari 09, 2018

Sumur minyak di pinggiran kota Deir ez-Zor.

Serangan koalisi pimpinan-AS terhadap pasukan pro-pemerintah di Suriah telah membuktikan bahwa tujuan sebenarnya Washington adalah untuk menangkap “aset ekonomi” daripada memerangi terorisme, kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Kementerian Pertahanan merujuk pada sebuah insiden yang terjadi pada hari Selasa di provinsi Deir Ez-Zor, karena sebuah unit milisi Suriah bergerak melawan “sel tidur” Negara Islam (IS, sebelumnya ISIS). Operasi tersebut didorong oleh lonjakan penembakan posisi pasukan pemerintah Suriah di daerah tersebut dalam beberapa hari terakhir, yang dikaitkan dengan aktivitas rahasia teroris IS, kementerian tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis.

Sebuah unit milisi pro-pemerintah sedang melakukan misi pencarian pengintaian pada 7 Februari di dekat pabrik pengolahan minyak mantan Al-Isba. Sementara di sana, “milisi berada di bawah mortir yang mengejutkan dan tembakan MRLS, dan diserang oleh helikopter koalisi internasional yang dipimpin AS. ‘”

Akibatnya, 25 anggota unit pro-pemerintah terluka. Laporan media awal, mengutip pejabat AS yang tidak disebutkan namanya, mengemukakan bahwa sekitar 100 tentara Suriah telah tewas dalam serangan oleh pasukan koalisi tersebut.

Versi AS dari peristiwa tersebut, bagaimanapun, menimbulkan “banyak pertanyaan,” juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan pada hari Kamis.

Setelah kejadian tersebut, militer Rusia berbicara dengan koalisi melalui jalur komunikasi, dengan yang terakhir menyatakan bahwa Al-Isba berada di bawah kendali SDF dan pasukan AS. Penyebab langsung insiden tersebut, menurut Kementerian Pertahanan Rusia, adalah fakta bahwa unit milisi tersebut bertindak sendiri, tanpa berkonsultasi dengan penasihat Rusia terlebih dahulu.

Kasus tersebut menghadapkan masalah yang lebih besar, bagaimanapun, karena sesuai dengan Kementerian Pertahanan, serangan oleh koalisi “sekali lagi membuktikan bahwa tujuan sebenarnya dari kehadiran ilegal pasukan AS yang terus-menerus di Suriah sudah tidak berperang melawan kelompok teroris internasional ISIS, namun menangkap dan mengendalikan aset ekonomi yang hanya milik Republik Arab Suriah”.

Damaskus telah mengecam serangan tersebut sebagai “kejahatan perang” dan “kejahatan terhadap kemanusiaan,” laporan SANA, mengutip sebuah surat kepada PBB yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri. Koalisi pimpinan AS itu ilegal dan harus dibubarkan sama sekali, kementerian tersebut menekankan.

“Kami menuntut [masyarakat internasional] mengutuk pembantaian ini dan menahan koalisi yang bertanggung jawab untuk hal itu,” kata kementerian tersebut, menambahkan bahwa ini bukan pertama kalinya koalisi pimpinan AS menargetkan pasukan pemerintah Suriah. (Dokumentasi Fokus Today)

Pemerintah Suriah berulang kali mengutuk kehadiran koalisi pimpinan AS di tanahnya, menyebutnya sebagai tindakan agresi terang-terangan dan pelanggaran terhadap kedaulatan negara tersebut.

Damaskus juga mendesak PBB untuk menekan Amerika Serikat untuk pergi, terutama setelah berhasil mengalahkan pasukan utama IS. AS, bagaimanapun, telah menyatakan bahwa hal itu mungkin tetap berada di Suriah tanpa batas waktu untuk melawan apa yang digambarkannya sebagai pengaruh Iran dan untuk menjamin ” kepemimpinan pasca-Assad” untuk negara tersebut.

Perkembangan terakhir menunjukkan bahwa AS mungkin secara efektif beralih ke partisi Suriah sama sekali, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov memperingatkan sebelumnya pada hari Rabu.

“Sangat mungkin Amerika telah mengambil jalan untuk membagi negara ini. Mereka hanya melepaskan jaminan mereka, yang diberikan kepada kami, bahwa satu-satunya tujuan kehadiran mereka di Suriah – tanpa undangan pemerintah yang sah – adalah untuk mengalahkan Negara Islam dan teroris, “ Lavrov menyatakan.

“Sekarang, mereka mengatakan bahwa mereka akan mempertahankan kehadiran mereka sampai mereka memastikan proses stabil penyelesaian politik di Suriah dimulai, yang akan mengakibatkan perubahan rezim.”

Komando Pusat AS sebelumnya menyebut serangan terhadap milisi Suriah “pembelaan diri,” mengklaim bahwa pasukan tersebut diduga meluncurkan sebuah “serangan yang tidak beralasan terhadap markas besar Pasukan Demokratik Suriah (SDF)”.

(Sana/Fokus-Today/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: