Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Terjemahan Nahjul Balaghah Dalam 9 Bahasa Disimpan di Perpustakaan Razavi

Terjemahan Nahjul Balaghah Dalam 9 Bahasa Disimpan di Perpustakaan Razavi

Written By Unknown on Jumat, 19 Januari 2018 | Januari 19, 2018


Petugas aula buku-buku asing, Perpustakaan Pusat Haram Suci Razavi mengabarkan disimpannya kitab Nahjul Balaghah yang sudah diterjemahkan dalam sembilan bahasa asing kecuali Farsi dan Arab, di aula ini.

Astan News melaporkan, Hamidreza Montazer Abadi menjelaskan, tanggal 23 Dey 1396 HS atau 13 Januari 2018, bertepatan dengan haul Ustadz Sayid Jafar Syahidi, penerjemah kitab Nahjul Balaghah ke bahasa Farsi menuturkan, di aula ini, kitab Nahjul Balaghah diterjemahkan ke sembilan bahasa asing, Inggris, Perancis, Urdu, Serbia, Turki, Turki Istanbuli, Italia, Hungaria, Pashtu dan Bosnia.

Ia menambahkan, anggota perpustakaan pusat Haram Suci Razavi dengan kode anggota 1,2,31,3 dan 4 (dengan jenjang pendidikan diploma tiga hingga strata tiga) dapat meminjam maksimal lima jilid kitab berbahasa Inggris, Perancis dan Urdu dari aula ini dan kitab-kitab berbahasa asing lain hanya bisa dibaca di tempat ini.

Montazer Abadi juga mengabarkan keberadaan Al Quran yang sudah diterjemahkan ke 74 bahasa dunia di aula buku-buku asing Haram Suci Razavi dan menuturkan, saat ini, ada sekitar 116.540 kitab dalam 92 bahasa yang bisa diakses oleh para pengunjung.

Ia menambahkan, selama sembilan bulan pertama tahun 1396 HS ( hingga November 2017), lebih dari 14.800 orang mengunjungi aula ini, 900 dari mereka adalah tamu asing.

Menurut petugas aula buku-buku asing, Lembaga Perpustakaan, Museum dan Pusat Dokumen, Haram Suci Razavi ini melanjutkan, dalam kurun waktu yang sama, lebih dari 27.400 naskah kitab hasil karya penulis, peneliti dan penerjemah dikaji di aula ini dan hampir 6.700 naskah dipinjam oleh para anggota perpustakaan.

Ia menegaskan bahwa sumber-sumber aula buku-buku asing didapat dari pembelian dan hadiah. Aula ini, ujarnya, berdasarkan aturan hukum mengantongi izin untuk menyediakan buku-buku bertema Islam, Iran, Timur Tengah dan beberapa buku yang banyak diminati masyarakat di bidang humaniora, namun hampir seluruh buku sumber dalam setiap tema dan berbagai bidang ilmu, ada di sini.

Montazer Abadi menyebut aula ini sebagai salah satu bagian terpenting Perpustakaan Pusat Haram Suci Razavi dan menuturkan, bagian ini terdiri dari tiga unit, rak buku, aula baca dan unit peminjaman buku-buku yang disimpan di rak khusus buku-buku satu jilid dan langka.

Ia melanjutkan, para pengunjung dapat menggunakan perangkat lunak Simorgh yang terpasang di setiap komputer yang ada di aula atau menunjukkan kode buku kepada penjaga rak buku, untuk mendapatkan buku yang diinginkan dan dipelajari di aula baca, atau menyalinnya dengan foto copy bagian-bagian buku yang diperlukan atau dengan menggunakan alat scan.

Menurut Montazer Abadi, aula buku-buku asing, Perpustakaan Pusat Haram Suci Razavi berdiri di atas lahan seluas 518 meter di lantai dasar, berhadapan dengan aula peneliti. Anggota perpustakaan dan para pengunjung lainnya bisa mendatangi aula ini di hari Sabtu, Senin, Rabu dan Jumat mulai pukul 7:30 hingga 18:45, sementara di hari Minggu dan Selasa mulai pukul 7:30 hingga 13:30, dan hari Kamis pukul 7:30 hingga 12:30.

Selain itu koleksi kitab Nahjul Balaghah dan komentar-komentar terkait kitab bernilai ini dalam bahasa Farsi dan Arab dapat ditemukan di bagian-bagian lain perpustakaan pusat Haram Suci Razavi seperti rak buku cetak dan divisi naskah tulisan tangan (tempat penyimpanan kitab tulisan tangan dan litografi), dan sumber-sumbernya berdasarkan aturan perpustakaan ini dapat diberikan kepada para peneliti.

Kitab Nahjul Balaghah karya Imam Ali bin Abi Thalib as terdiri dari tiga bagian penting, khutbah-khutbah, surat-surat dan kata-kata mutiara. Karya ini dihimpun oleh Sayid Radhi dan menjadi sebuah kitab yang mencakup 241 khutbah, 79 surat dan 480 kata-kata mutiara penuh hikmah dari Imam Ali as.

(Astan-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: