Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Takut Kepada Allah Swt, Jauhkan Manusia Dari Dosa

Takut Kepada Allah Swt, Jauhkan Manusia Dari Dosa

Written By Unknown on Jumat, 24 November 2017 | November 24, 2017


Dosa-dosa menyebabkan ruh manusia menjadi kotor, dan hal ini menjadikannya jauh dari Allah swt dan auliya Ilahi.

Hal ini disampaikan Ayatullah Qarahi dalam kajian akhlaqnya saat menjelaskan tentang manusia dengan menggunakan akal yang sehat maka kemarahannya akan berubah menjadi keberanian dan yang luar biasanya ia akan takut kepada Allah swt dengan sebenar-benarnya.

Ia menambahkan, di dalam ayat dan riwayat disebutkan bahwa takut terbagi menjadi dua macam, yaitu takut yang terpuji dan takut yang tercela.

Orang mukmin ialah orang yang takut untuk melakukan dosa, dimana semua ketakutannya ialah takut akan jauh dari rahmat Ilahi karena dosa-dosa dan pada akhirnya ia takut jika saat di surga nanti tidak bersama orang-orang saleh.

Ayatullah Qarahi melanjutkan, dosa-dosa menyebabkan ruh manusia menjadi kotor, dan hal ini menjadikannya jauh dari Allah swt dan auliya Ilahi.

Pada hakikatnya manusia yang takut kepada Allah swt, semakin ia dekat dengan-Nya maka rasa takutnya akan semakin besar, karena mereka tahu bahwa dalam setiap titik terdapat kedekatan kepada Allah swt, dan jika sedikit saja ia sombong atau takabbur maka semuanya akan hilang seketika.

Kehidupan manusia di dunia ini tidaklah abadi dan manusia harus melalui kehidupan ini dan kelak akan menuju alam akhirat. Mengenai hal ini Imam Ali as bersabda “manusia yang pada awalnya mereka adalah air mani yang hina dan pada akhirnya mereka akan menjadi jasad bagaimana bisa ia menyombongkan dirinya.”

Padahal manusia hanya dengan mengamalkan perintah-perintah Ilahi dan bertakwa kepada-Nya maka ia bisa menjaga dirinya dari dosa-dosa, terangnya.

Satu-satunya jalan untuk menyucikan diri dari dosa ialah dengan bertaubat dan mengamalkan amalan saleh, karena manusia dengan mengamalkan amalan saleh dosa-dosanya akan hilang namun yang harus diperhatikan ialah dosa juga dapat menghilangkan amal saleh.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: