قنوت مولانا الحجّة عجّل اللَّه تعالى فرجه
دعاء مولانا صاحب الزمان صلوات اللَّه عليه في القنوت، رواه السيّد رحمه الله في «مهج الدعوات» والكفعمي رحمه الله في «البلد الأمين»:
أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ، وَأَكْرِمْ أَوْلِيائَكَ بِإِنْجازِ وَعْدِكَ، وَبَلِّغْهُمْ دَرْكَ ما يَأْمُلُونَهُ مِنْ نَصْرِكَ، وَاكْفُفْ عَنْهُمْ بَأْسَ مَنْ نَصَبَ الْخِلافَ عَلَيْكَ، وَتَمَرَّدَ بِمَنْعِكَ عَلى رُكُوبِ مُخالَفَتِكَ، وَاسْتَعانَ بِرِفْدِكَ عَلى فَلِّ حَدِّكَ، وَقَصَدَ لِكَيْدِكَ بِأَيْدِكَ، وَوَسِعْتَهُ حِلْماً لِتَأْخُذَهُ عَلى جَهْرَةٍ، وَتَسْتَأْصِلَهُ عَلى عِزَّةٍ.
فَإِنَّكَ اللَّهُمَّ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ «حَتَّى إِذا أَخَذَتِ الْأَرْضُ زُخْرُفَها وَازَّيَّنَتْ وَظَنَّ أَهْلُها أَنَّهُمْ قادِرُونَ عَلَيْها أَتاها أَمْرُنا لَيْلاً أَوْ نَهاراً فَجَعَلْناهُمْ حَصيداً كَأَنْ لَمْ تَغْنَ بِالْأَمْسِ كَذلِكَ نُفَصِّلُ الْآياتِ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ»(1).
وَقُلْتَ «فَلَمَّا آسَفُونَا انْتَقَمْنا مِنْهُمْ»(2)، وَإِنَّ الْغايَةَ عِنْدَنا قَدْتَناهَتْ، وَإِنَّا لِغَضَبِكَ غاضِبُونَ، وَإِنَّا عَلى نَصْرِ الْحَقّ مُتَعاصِبُونَ، وَإِلى وُرُودِ أَمْرِكَ مُشْتاقُونَ، وَلِإِنْجازِ وَعْدِكَ مُرْتَقِبُونَ، وَلِحُلُولِ وَعيدِكَ بِأَعْدائِكَ مُتَوَقِّعُونَ.
أَللَّهُمَّ فَأْذَنْ بِذلِكَ، وَافْتَحْ طُرُقاتِهِ، وَسَهِّلْ خُرُوجَهُ، وَوَطِّأْ مَسالِكَهُ، وَأَشْرِعْ شَرائِعَهُ، وَأَيِّدْ جُنُودَهُ وَأَعْوانَهُ، وَبادِرْ بَأْسَكَ الْقَوْمَ الظَّالِمينَ، وَابْسُطْ سَيْفَ نَقِمَتِكَ عَلى أَعْدائِكَ الْمُعانِدينَ، وَخُذْ بِالثَّارِ، إِنَّكَ جَوادٌ مَكَّارٌ.(3)
ـــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــ
1) يونس: 24.
2) الزخرف: 55.
3) مهج الدعوات: 90، البلد الأمين: 664.
Sayyid Ali bin Thawus ra. dalam kitab “Mahj al-Da’wat “menukil sebuah doa qunut dari Imam Zaman as. Doa qunut tersebut sebagai berikut:
Ya Allah sampaikanlah shalawat dan salam kapada Muhammad saw dan keluarganya, muliakanlah wali-wali-Mu dengan memenuhi janji-janji-Mu, sampaikan mereka kepada harapan-harapannya untuk mendapat pertolongan-Mu, tahanlah mereka dari keburukan orang-orang yang menentang-Mu, palingkan mereka dari penyimpangan terhadap-Mu, dengan pertolongan-Mu palingkanlah mereka dari melewati batas-batas-Mu, yang bermaksud untuk memperdaya dari segala kebaikan-Mu. Namun makar mereka Kau singkap dengan keperkasaan-Mu, Engkau telah melemahkannya.
Karena Engkau ya Allah telah berfirman yang aku yakin meyakininya:(Hingga apabila bumi itu telah sempurna keindahannya, dan memakai pula perhiasannya, dan pemiliknya mengira bahwa mereka pasti menguasainya, tiba-tiba datanglah kepadanya azab Kami di waktu malam atau siang, lalu Kami jadikan (tanam-tanamannya) laksana tanaman-tanaman yang sudah disabit, seakan-akan belum pernah tumbuh kemarin. Demikianlah Kami menjelaskan tanda-tanda kekuasaan (Kami) kepada orang-orang yang berpikir)[1]
Dalam firmannya yang lain: (Tatkala mereka membuat Kami murka, Kami menghukum mereka)[2]
Sesungguhnya tujuan kami telah sampai, kami murka dengan kemurkaan-Mu, dengan-Mu kami menegakan kebenaran, merindukan datangnya perintah-Mu, menunggu terwujudnya janji-Mu dan mengharap terjadinya ancaman-Mu terhadap musuh-musuh-Mu.
Ya Allah berilah kami izin untuk melakukannya hal itu, bukalah jalan-jalan-Mu, mudahkanlah kemunculannya, siapkanlah medianya, tampakkanlah jalannya, siapkanlah tentara-tentara dan pengikut-pengikutnya, percepatlah pembalasan-Mu terhadap kaum yang zalim, arahkanlah mata pedang terhadap musuh-musuh yang menentang-Mu dan balaslah mereka, sesungguhnya Engkau maha mulia lagi maha memperdaya “.[3]
ــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــ
[1] Qs. Yunus, 10: 24
[2] Qs. Az-Zukhruf, 43: 55
[3] Mahj ad-Da’wah hal. 90, Balad al-Amin hal. 664.
(Dokumentasi/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Posting Komentar