Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Tabarruk Kepada Kubur Auliya dan Orang Saleh, Sunnah Islam atau Bid’ah?

Tabarruk Kepada Kubur Auliya dan Orang Saleh, Sunnah Islam atau Bid’ah?

Written By Unknown on Senin, 09 Juli 2018 | Juli 09, 2018


Muhibbuddin Thabari Syafi’i berkata “mencium kubur dan meletakkan tangan di atas kubur untuk mengambil berkah adalah hal yang diperbolehkan, dan tidak masalah sama sekali.”

Shabestan News Agency, Salah satu permasalahan yang selalu aliran menyimpang Wahabi tuduhkan dan pertanyakan kepada Syi’ah ialah ajaran dan akidah Syi’ah seperti mengambil berkah saat ziarah ke makam Rasulullah saww, Ahlul Bait as, orang-orang saleh dan para auliya Ilahi.

Mengenai hal ini pandangan ulama mazhab Ahlu Sunnah adalah jawaban telak yang bisa diberikan kepada syubhat Wahabi bahwasanya mengambil berkah dari makam orang-orang saleh bukanlah bid’ah dari ajaran Syi’ah.

Abdullah, anak dari Ahmad bin Hanbal berkata: aku berkata kepada ayahku tentang mengusap mimbar Rasulullah saww dan mengambil berkah darinya, atau mengambil berkah dari kubur Rasulullah saww dengan tujuan untuk mendapat pahala, mengenai hal ini apa hukumnya?

Ayahku (Ahmad bin Hanbal) menjawab “tidak ada masalah sama sekali.”

Muhibbuddin Thabari Syafi’i berkata “mencium kubur dan meletakkan tangan di atas kubur untuk mengambil berkah adalah hal yang diperbolehkan, dan tidak masalah sama sekali.”

Selain itu, aliran Wahabi juga meyakini bahwa pengikut Syi’ah tidak boleh meminta kepada selain Allah, dengan begitu Tawasul dan Tabarruk termasuk kesyirikan.

Untuk menjawab tuduhan ini cukuplah dengan ayat 64 surat An-Nisa “dan Rasul pun memohonkan ampunan untuk mereka”, ayat ini dengan jelas membuktikan bolehnya bertawasul kepada Rasulullah saww, yang menurut Wahabi adalah selain Allah swt.

Dalam surat Yusuf ayat 93 juga disebutkan “pergilah kamu dengan memabwa bajuku ini, lalu usapkan ke wajah ayahku, nanti dia akan bisa melihat kembali”, dalam ayat ini dijelaskan bahwa nabi Ya’kub as mengambil berkah dengan baju nabi Yusuf as untuk penyakit buta yang dideritanya.

تبرک قبور اولیاء و صلحا؛ سنت اسلامی یا بدعت شیعی؟

از نظر تاريخي ثابت شده است كه مردم از خاك پاك قبر پيامبر(ص) و حضرت حمزه بلكه از كلّ مدينه به عنوان تبرك بر مي داشتند و رواياتي هم وارد شده كه تربت مدينه شفاي هر دردي است و امان از جذام و صداع.

به گزارش گروه اندیشه خبرگزاری شبستان، یکی از مسائلی که فرقه ضاله وهابیت با آنها انگشت اتهام به سوی شیعه گرفته و می کوشد حقانیت تشیع و شیعه را با آن زیرسوال ببرد، آموزه ها و اعتقاداتی همچون تبرک هنگام زیارت قبور پیامبر(ص)، اهل بیت علیهم السلام و صلحا و اولیاء است.

در این میان نگاه علمای مذاهب اهل سنت به این مسئله خود بهترین پاسخ به این شبهه وهابیت است تا ثابت کند تبرک جستن به قبور اولیای الهی بدعتی شیعی نیست.

در ذیل نظر برخی علما در پاسخ به سوال: «آيا علماي مذاهب چهارگانه، درباره تبرّك و يا مس منبر و قبر پيامبر (ص) و يا قبور صالحين، نظر مثبت دارند؟» مرور می شود:


پاسخ:

آري ، از احمد بن حنبل رييس مذهب حنابله و رملي شافعي و محب الدين طبري و ابو الصيف يماني - يكي از علماي بزرگ مكه و زرقاني مالكي و عزامي شافعي و ديگران نقل شده است، كه تفصيل آن به اين شرح است:

1- عبداللّه، فرزند احمد بن حنبل مي گويد: از پدرم پرسيدم: مسّ منبر رسول اللّه(ص) و تبرّك با مس آن و بوسيدن و يا مس و متبرّك شدن به قبر شريف و يا بوسيدن آن به قصد ثواب، چه حكمي دارد؟ پدرم گفت: هيچ اشكالي ندارد. (الجامع في العلل و معرفة الرجال ، ج2 ، ص32 ؛ وفاءالوفا ، ج4 ، ص1414)

2- رملي شافعي مي گويد: تبرّك به قبر پيامبر (ص) و يا عالم و يا اوليا جايز است و بوسيدن و استلام آن ايرادي ندارد.(كنز المطالب، ص219)

3- محب الدين طبري شافعي گويد: بوسيدن قبر و دست گذاشتن روي آن جايز است و سيره و عمل علما و صالحان بر آن است. (اسني المطالب، ج1 ، ص331).

4- از نظر تاريخي ثابت شده است كه مردم از خاك پاك قبر پيامبر(ص) و حضرت حمزه بلكه از كلّ مدينه به عنوان تبرك بر مي داشتند و رواياتي هم وارد شده كه تربت مدينه شفاي هر دردي است و امان از جذام و صداع.

از جمله زركشي مي گويد: تربت قبر حمزه از منع برداشتن خاك حرمين، استثنا شده است؛ زيرا اتفاق همگان بر جواز نقل آن براي معالجه صداع است. (وفاء الوفا، ج1 ، ص69).


ابوسلمه از پيامبر(ص) نقل مي كند: «غُبارُ الْمَدِينَةِ يُطْفِي الْجذام».

ابن اثير جزري از پيامبر (ص) نقل كرده: «وَالَّذي نَفْسِي بِيَدِهِ إنَّ في غُبارِها شِفاءٌ مِنْ كُلِّ داءٍ؛ سوگند به كسي كه جان من در دست اوست، غبارِ خاك مدينه شفاي از هر دردي است.»

«سمهودي مي نويسد: روش صحابه و ديگران اين بود كه از خاك قبر پيامبر ( ص ) برمي داشتند.» (وفاء الوفا، ج1 ، ص544)


*نجم الدین مروجی طبسی، گروه پاسخ به شبهات مؤسسه تحقيقاتي حضرت ولي عصر(عج)


پایان پیام/9

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: