Al-Ikhtiṣāṣ (bahasa Arab: الإختصاص ) adalah kumpulan hadis yang beragam oleh para Infalibible (a) mengenai prinsip-prinsip kepercayaan, biografi dan sejarah, kebijaksanaan dan khotbah, etika, kebajikan dan mukjizat Ahl al-Bayt (a) dan kejahatan musuh mereka Ada ketidaksepakatan tentang siapa penulis buku ini: dalam sumber yang berbeda, buku tersebut telah dikaitkan dengan al-Syaikh al-Mufid , Ja'far b. Husain al-Mu'min, dan Abu 'Ali Ahmad b. al-Husain b. Ahmad b. 'Imran. Beberapa orang percaya bahwa penulis buku tersebut tidak diketahui. Namun, buku ini terutama dikenal sebagai penulis oleh al-Syaikh al-Mufid.
Topik
Al-Ikhtisas tidak ditujukan untuk materi pelajaran tunggal, seperti yang ditunjukkan oleh penulis dalam kata pengantarnya pada buku ini: Saya telah menulis buku ini dan mengalami banyak masalah dalam mengumpulkannya. Saya telah mengumpulkan berbagai jenis hadis, karya seni, dan cerita terkenal mengenai banyak isu seperti memuji orang, kebajikan mereka, tempat sarjana dan tingkat pengetahuan mereka.
Penulis
Isu utama tentang buku ini adalah pengarangnya. Setidaknya ada empat pandangan tentang ini:
Al-Syaikh al-Mufid
Pandangan ini dipegang oleh al-'Allama al-Majlisi , al-Syaikh al-Hurr al-'Amili , al-Muhaqqiq al-Bahrani , al-Syaikh al-Ansari , dan Imam Khumayni .
Ja'far b. Husain al-Mu'min
Pandangan ini disebabkan oleh penulis Kashf al-hujub ke orang yang tidak dikenal.
Abu 'Ali Ahmad b. al-Husain b. Ahmad b. 'Imran
Pandangan ini dipegang oleh Agha Buzurg Tihrani dan Sayyid Muhsin al-Amin . Mereka percaya bahwa al-Syaikh al-Mufid hanya meringkas kitab ini.
Pengarang tidak dikenal
Pandangan ini dipegang oleh Sayyid Jawad al-Shubayri al-Zanjani . Alasannya untuk pandangan ini adalah:
1. Masalah dalam rantai transmisi dalam buku ini
2. Buku tersebut tidak disebutkan dalam bibliografi awal yang dapat diandalkan dari al-Syaikh al-Mufid
3. Isi buku ini tidak serupa dengan karya al-Syaikh al-Mufid lainnya.
Selain pandangan-pandangan ini, beberapa orang percaya bahwa al-Ikhtisas pada awalnya merupakan buku catatan yang ditulis oleh seorang ilmuwan hadis awal yang dianggap sebagai buku oleh seorang sarjana kemudian.
Gaya Menulis
Seperti koleksi hadis lainnya, penulis telah mengutip materi dengan rantai transmisi. Namun, tidak ada gaya bersatu yang menyebutkan rantai seperti itu. Beberapa dari mereka adalah hadis mursal yang secara langsung dikutip dari Imam (a), dan beberapa dikirim dari Imam (a) melalui delapan pemancar berturut-turut. Beberapa hadist dikutip tanpa rantai transmisi apapun.
Struktur dan Isi
Buku ini dimulai dengan sebuah kata pengantar singkat (beberapa baris), dan kemudian bukunya dibuka dengan dua hadits mengenai kebajikan pengetahuan. Kemudian buku tersebut berisi hadits tentang Shurtat al-Khamis , hadits mengenai kebajikan para ilmuwan dan sahabat para imam Syiah (a) , hadits mengenai kejadian setelah matinya Nabi Muhammad SAW , debat Abu Hanifah dengan Imam al -Sadiq (a) , puisi al-Farazdaq atau qasida, ucapan oleh beberapa ilmuwan, kehendak Luqman , di antara banyak isu lainnya.
Manuskrip
1. Manuskrip Astan Quds Razavi ditulis pada 1055/1645 .
2. Manuskrip al-Syaikh al-Hurr al-'Amili di perpustakaan al-Syaikh Muhammad al-Samawi di Najaf ditulis pada 1087/1676 .
Terjemahan dan Publikasi
Al-Ikhtisas telah diterjemahkan oleh Husayn Sabiri. Ini diterbitkan oleh penerbit berikut:
1. Qom , 1413/1992, disunting oleh 'Aliakbar Ghaffari, Kongres Milenium al-Syaikh al-Mufid.
2. Qom, tidak ada tanggal, difoto dari publikasi Beirut , Publikasi Maktabat al-Zahra.
2. Najaf, diedit oleh Sayyid Mahdi Khursan.
3. Teheran , 1390/1970, Publikasi Elmi Farhangi.
(Astan-News/Wiki-Shia/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Posting Komentar