“Wahai sekalian manusia! Datukku Al-Husain as setelah dibunuh ia dilempar dan dibiarkan tanpa pakaian. Wahai sekalian manusia! Datukku Al-Husain as setelah dibunuh tidak ada iring-iringan jenazahnya.”
Shabestan News Agency, Dalam riwayat disebutkan bahwa saat muncul nanti Imam Zaman afs akan menyeru penduduk bumi dengan lima seruan, dimana tanpa bantuan apapun seruan ini terdengar ke seluruh penjuru dunia yang akan difahami oleh semua manusia.
Seruan tersebut ialah “wahai sekalian manusia! Sesungguhnya aku adalah orang yang akan menuntut balas (datukku Imam Husain as), Wahai sekalian manusia! Aku adalah imam ke-12 yang telah dijanjikan kemunculannya. Wahai sekalian manusia! Datukku Al-Husain as dibunuh dalam keadaan kehausan. Wahai sekalian manusia! Datukku Al-Husain as setelah dibunuh ia dilempar dan dibiarkan tanpa pakaian. Wahai sekalian manusia! Datukku Al-Husain as setelah dibunuh tidak ada iring-iringan jenazahnya.”
Dalam riwayat lainnya, mengenai hal ini Imam Baqir as bersabda "kelak Al-Mahdi akan muncul di Mekkah pada saat waktu Isya' dan bersamanya panji, baju dan pedang milik Rasulullah saww, dan setelah melakukan shalat Isya' beliau berseru dengan suara lantang "wahai sekalian manusia! Aku akan menyebut kalian di hadapan Allah (pada hari kiamat), sementara semua hujjah-Nya telah diutus kepadamu begitu juga dengan nabi-Nya serta Al-Qur'an juga telah diturunkan."
Allah swt telah memerintahkan kepada kalian agar jangan sampai menyekutukannya dan juga memerintahkan kepada kalian untuk mentaatinya. Apa-apa yang diperintahkan dalam Al-Qur'an untuk menghidupkannya maka hidupkanlah, dan apa-apa yang diperintahkan untuk melenyapkannya maka lenyapkanlah, dan jadilah kalian penolong di jalan hidayah dan bersamalah orang-orang yang bertakwa, karena dunia ini hanya sementara semuanya akan berakhir."
۵ ندای امام عصر (عج) در هنگام ظهور
[اگر] کسی معرفت پیدا کند، مسئله ظهور امام و غیبت امام را میفهمد. [در حقیقت] ما [او را] نمیبینیم، او ما را میبیند؛ ما کلامش را نمیشنویم، او کلام ما را میشنود. ما معرفتمان ناقص است. عینک ما یک تاری دارد والّا آنها که ما را میبینند.
به گزارش گروه مهدویت خبرگزاری شبستان به نقل از پایگاه تنظیم و نشر آثار حضرت آیت الله العظمی بهجت، روایت دارد که امام زمان صلواتاللهعلیه که ظهور فرمود، میفرماید: «أَلا یَا أَهلَ الْعَالَم»۱، پنج ندا میکند به اهل عالَم، بدون هیچ دستگاهی و اختراعی، این [ندای او] به همه میرسد؛ به هر کسی به لغت [و زبان] خودش میرسد. در عالَم [هستی] نه [فقط] در این پنج قاره یا مثلاً چهار اقلیم. نهخیر، نه، اینها محدود هستند، آن هم با دستگاه، [اما] او غیر محدود است بدون دستگاه. «إِنّی أَنَا الْمُنْتَقِم، أَلا يَا أَهلَ الْعالَم إِنَّ جَدِّيَ الْحُسَين قتل عَطشاناً، أَلا يَا أَهلَ الْعالَم إِنَّ جَدِّيَ الْحُسَين سَحَقوهُ عُدواناً».
[اگر] کسی معرفت پیدا کند، مسئله ظهور امام و غیبت امام را میفهمد. [در حقیقت] ما [او را] نمیبینیم، او ما را میبیند؛ ما کلامش را نمیشنویم، او کلام ما را میشنود. ما معرفتمان ناقص است. عینک ما یک تاری دارد والّا آنها که ما را میبینند.
لکن گفت: «شیعَتُنا أَصبَرُ مِنّا لِأَنّا نَصبِر وَ نَحنُ نَعلَم وَ هُمْ یَصبِرون وَ هُم لا یَعلَمون»۲ [علم] ما از اینکه منتقِم خواهد آمد، [بهاین دلیل است که] روایت است، اما آنها خودشان میدانند که منتقم میآید.
پی نوشت ها:
1- إلزام الناصب، ج۲، ص۲۳۳؛ «في الموائد: إذا ظهر القائم (عج) قام بين الركن و المقام و ينادي بنداءات خمسة: الأول: ألا يا أهل العالم أنا الإمام القائم، الثاني: ألا يا أهل العالم أنا الصمصام المنتقم، الثالث: ألا يا أهل العالم إن جدّي الحسين قتلوه عطشان، الرابع: ألا يا أهل العالم إنّ جدّي الحسين عليه السّلام طرحوه عريانا، الخامس: ألا يا أهل العالم إنّ جدّي الحسين عليه السّلام سحقوه عدوانا».
2- ر.ک: تفسیر قمی، ج۱، ص۳۶۵؛ كافی، ج۲، ص۹۳؛ بحارالانوار، ج۶۸، ص۸۰؛ «عَنْ جَمِيلٍ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ علیهالسلام قَالَ نَحْنُ صَبَرْنَا وَ شِيعَتُنَا أَصْبَرُ مِنَّا- لِأَنَّا صَبَرْنَا بِعِلْمٍ وَ صَبَرُوا عَلَى مَا لَا يَعْلَمُون».
پایان پیام/9
[اگر] کسی معرفت پیدا کند، مسئله ظهور امام و غیبت امام را میفهمد. [در حقیقت] ما [او را] نمیبینیم، او ما را میبیند؛ ما کلامش را نمیشنویم، او کلام ما را میشنود. ما معرفتمان ناقص است. عینک ما یک تاری دارد والّا آنها که ما را میبینند.
به گزارش گروه مهدویت خبرگزاری شبستان به نقل از پایگاه تنظیم و نشر آثار حضرت آیت الله العظمی بهجت، روایت دارد که امام زمان صلواتاللهعلیه که ظهور فرمود، میفرماید: «أَلا یَا أَهلَ الْعَالَم»۱، پنج ندا میکند به اهل عالَم، بدون هیچ دستگاهی و اختراعی، این [ندای او] به همه میرسد؛ به هر کسی به لغت [و زبان] خودش میرسد. در عالَم [هستی] نه [فقط] در این پنج قاره یا مثلاً چهار اقلیم. نهخیر، نه، اینها محدود هستند، آن هم با دستگاه، [اما] او غیر محدود است بدون دستگاه. «إِنّی أَنَا الْمُنْتَقِم، أَلا يَا أَهلَ الْعالَم إِنَّ جَدِّيَ الْحُسَين قتل عَطشاناً، أَلا يَا أَهلَ الْعالَم إِنَّ جَدِّيَ الْحُسَين سَحَقوهُ عُدواناً».
[اگر] کسی معرفت پیدا کند، مسئله ظهور امام و غیبت امام را میفهمد. [در حقیقت] ما [او را] نمیبینیم، او ما را میبیند؛ ما کلامش را نمیشنویم، او کلام ما را میشنود. ما معرفتمان ناقص است. عینک ما یک تاری دارد والّا آنها که ما را میبینند.
لکن گفت: «شیعَتُنا أَصبَرُ مِنّا لِأَنّا نَصبِر وَ نَحنُ نَعلَم وَ هُمْ یَصبِرون وَ هُم لا یَعلَمون»۲ [علم] ما از اینکه منتقِم خواهد آمد، [بهاین دلیل است که] روایت است، اما آنها خودشان میدانند که منتقم میآید.
پی نوشت ها:
1- إلزام الناصب، ج۲، ص۲۳۳؛ «في الموائد: إذا ظهر القائم (عج) قام بين الركن و المقام و ينادي بنداءات خمسة: الأول: ألا يا أهل العالم أنا الإمام القائم، الثاني: ألا يا أهل العالم أنا الصمصام المنتقم، الثالث: ألا يا أهل العالم إن جدّي الحسين قتلوه عطشان، الرابع: ألا يا أهل العالم إنّ جدّي الحسين عليه السّلام طرحوه عريانا، الخامس: ألا يا أهل العالم إنّ جدّي الحسين عليه السّلام سحقوه عدوانا».
2- ر.ک: تفسیر قمی، ج۱، ص۳۶۵؛ كافی، ج۲، ص۹۳؛ بحارالانوار، ج۶۸، ص۸۰؛ «عَنْ جَمِيلٍ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ علیهالسلام قَالَ نَحْنُ صَبَرْنَا وَ شِيعَتُنَا أَصْبَرُ مِنَّا- لِأَنَّا صَبَرْنَا بِعِلْمٍ وَ صَبَرُوا عَلَى مَا لَا يَعْلَمُون».
پایان پیام/9
(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Posting Komentar